Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
DVD playerMedia oprekPower supply

Power Supply DVD Player

Diagnosa

Hari ini ada pasien dvd player, kondisi matot/mati-total. Setelah kita periksa ternyata kerusakan ada power supply, model power supply yang digunakan adalah seperti tampak pada gambar berikut:

Model Power Supply DVD

Dari fisik rangkaian power supply sudah kelihatan ada komponen yang hangus, mengganti komponen tidak serta merta membuatnya bisa hidup kembali. Banyak hal yang mesti dipikirkan dalam usaha perbaikannya, salah sedikit saja power supply pasti akan kembali konslet.

Kelemahan model power supply jenis ini adalah jika ada kerusakan pada transistor switching, type mj13003 maka sebagian komponen pendukung yang di dalamnya ikut rusak juga. Terkadang juga bisa membuat Mpeg DVD menjadi rusak, sebagian pernah kita temui pada DVD Player sebelumnya.

Tindakan untuk memperbaiki power supply ini mungkin bisa saja kita lakukan? tapi setelah kita pikirkan lebih bagus diganti dengan versi IC . Dengan IC kekuatanya lebih bagus, jika ada kerusakan pada IC ? jarang merusak Mpeg. ICyang kita pakai untuk ini adalah type VIR 22A, sebelum kita mulai mengganti dengan versi IC? kita mesti membuang sebagian komponen pada bagian primer trafo. Tampak pada image berikut:

Tampak Primer Area Power Supply DVD

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 6