Artikel Terbaru

Friday, April 12, 2024
Belajar elektronik

Mengukur Trimpot

Trimpot adalah resistor yang nilai hambatannya dapat dirubah-rubah dan karena sifatnya yang fleksibel sering dipergunakan sebagai pengontrol untuk mengatur besarnya arus/ tegangan didalam rangkaian elektronik. Dahulu trimpot menjadi komponen yang akan selalu ada di dalam rangkaian elektronik contoh di rangkaian penerima televisi, ada dibagian pengaturan sistem vertikal , horizontal serta pengaturan level penguat video ke CRT .

Contoh trimpot bisa dilihat dibawah ini :

Trimpot card video RGB

Sekarang semakin jarang rangkaian penerima televisi menggunakan trimpot karena sudah tergantikan dengan sistem trimpot digital begitu pula pada rangkaian elektronik lain misalnya rangkaian penerimaan radio. Apabila ada mungkin hanya 1 buah biasanya berada pada bagian pengaturan kontrol tegangan di rangkaian power supply televisi dan satu contoh lagi ada dibagian pengaturan untuk kontrol frekuensi stereo radio Fm.

Trimpot dengan potensio adalah hampir sama secara fungsi tapi beda berdasarkan bentuknya, trimpot berukuran kecil sedangkan potensio berukuran besar. Bagaimana caranya memastikan bahwa trimpot masih bagus ?  caranya lakukan pengukuran nilai hambatan sesuai dengan yang tertera di badan trimpot.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.2 / 5. Vote count: 11

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 12