Artikel Terbaru

Saturday, April 13, 2024
Power supply

Charger Sanyo NC-MQR02N Mati-Total

Diagnosa

Charger Sanyo tidak dapat berfungsi dengan semestinya, baterai yang kita masukan tidak bisa terisi kembali.

Model Charger Sanyo :

Charger Sanyo NC-MQR02N

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Untuk mengetahui letak komponen yang mengalami kerusakan kita mulai mengukur tegangan masuk dari jala-jala, disini kita melihat tegangan supply ada yaitu 300 volt. Seharusnya bila tegangan masuk sistem charger berfungsi dengan normal,karena charger tetap tidak berfungsi kini kita coba mengukur dioda pada bagian output.

Hasil pengukuran kita dapatkan semua dioda dalam keadaan baik, jadi kita mesti menyelidiki lebih lanjut untuk mengetahui penyebab utamanya.Yang tersisa hanya komponen pada bagian primer-nya yang belum kita adakan pemeriksaan, setelah beberapa kali kita adakan pengukuran hasilnya baru kita temukan yaitu capasitor untuk filter power supply mengalami shot.

Lokasi capasitor bisa kita lihat pada gambar berikut :

rangkaian charger sanyo

Tanda lingkaran hitam pada gambar adalah capasitor yang kita maksud, untuk capasitor pengganti kita gunakan nilai 10nf/2kv. Setelah kita adakan penggantian kini Alhamdulillah charger sudah kembali berfungsi dengan baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 3