TV Polytron BB5132K Gambar Rusak

Diagnosa

TV Polytron BB5132K saya coba hidupkan ? Tanpa antena terpasang terlihat tampilan raster normal setelah saya pasangkan antena muncul masalahnya yaitu gambar goyang kanan-kiri dengan warna hilang-hilangan ( seperti AGC kebesaran ) .

Modelnya :

Apa penyebabnya ?

Sekilas kerusakan ini sepele kalau model rangkaian tv analog ( belum 1 chipset system IF-nya ), agak ruwet untuk kasus kali ini yang sedang saya perbaiki. Agak lama juga proses perbaikannya karena coba-coba ukur sana-sani dengan hasil nihil. Rangkaian regulator semuanya normal , 9 volt, 5 volt, 115 volt, ntah apa penyebabnya, makin pusing saja. IC gambar menggunakan TDA 8842 maka saya coba cari datasheet-nya, dari sini coba ukur lagi masing-masing pin IC TDA 8842, ini lagi hasilnya normal semua.

Di tinggal dulu deh dari pada tambah ruwet, setelah istirahat sebentar baru dilanjut lagi. Sekarang coba lihat pengaturan internal lewat servis mode , tv kondisi standby tekan menu selama 5 detik dan masukan kode 1013 / 1014 disini tidak ada yang berubah masih setelan standar.  Parameter nilai AGC dirubah tidak membawa hasil , tambah pening nih. Sudah semua cara dipakai satu yang belum,,, cara bebas.

Pin AGC IC TDA 8842 no 53 , ada resistor yang terpasang,, saya lepaskan saja.. lihat gambar :

Hasilnya gambar jadi normal, alhamdulillah

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

agctv polytron