Tape Compo Philips AZ5737/98 Tape Dan DVD Tidak Bisa Play

Diagnosa

Tape Philips mengalami kerusakan pada fungsi pemutar kaset serta DVD Player-nya, untuk kedua fungsi ini sama sekali tidak bisa kita pergunakan.

Model Tape Philips:

Apakah yang meyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Perbaikan kita mulai dengan memeriksa mainboard tape, disini kita melihat ada beberapa capasitor yang mengalami perubahan fisik / menggelembung. Capasitor yang di pergunakan adalah 1000uF/16 volt, posisi capasitor berada untuk filter tegangan DVD player serta amplifier. Penggantian segera kita lakukan mengingat ini juga bisa membuat fungsi DVD player tidak berfungsi dengan baik.

Tindakan penggantian capasitor juga memerlukan solder yang mempunyai Watt agak besar karena PCB menggunakan model 2 Layer. Setelah kita ganti capasitor kita coba kembali hidupkan tape dan menggunakan fungsi DVD player-nya ? Setelah kita masukan Disc kita coba mendengarkan suara optik yang sedang membaca disc, terdengar ada yang tidak beres karena waktu pembacaan memakan waktu yang agak lama.

Karena hal ini kita sudah bisa memastikan kalau optik masih dalam kondisi baik, sedangkan penyebab kegagalan proses pembacaan disc itu di sebabkan oleh Motor SL optik. Untuk memeriksa motor SL agak memakan waktu , kita mesti melepaskan mainboardnya terlebih dahulu beserta kabel-kabel yang terkait dengannya.

Model mekanik optik tape compo Philips :

Setelah mekanik dapat kita lepaskan kini kita ukur motor SL dengan menggunakan multitester digital batas ukur 100 dan hasilnya positif motor mengalami kerusakan ini di tandai dengan hasil pengukuran 68 terkadang juga suka berubah,Padahal seharusnya bernilai 12 . Perbaikan kita adakan dengan melepaskan penutup motor SL dan membersihkan komutator dengan amplas halus setelahnya kita pasangkan kembali ketempat asalnya.

Setelah semuanya rapi, maksudnya sudah kita pasangkan kembali kini kita coba kembali hidupkan tape dan menggunakan fungsi DVD player-nya ? Hasilnya ALhamdulillah DVD Player sudah kembali berfungsi.

Berikutnya kita periksa fungsi tape, untuk ini mungkin tidaklah susah karena posisi mekanik sangat mudah di lepaskan. Pemeriksaan kita lakukan dengan menekan tombol play dan mengukur tegangan supply untuk motor,disini kita melihat tegangan supply ada tapi motor tidak berputar. Jadi sudah jelas motor mengalami kerusakan, perbaikan untuk ini hanya mengganti motor-nya saja. Setelah kita ganti motor tape-nya kini fungsi tape sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

AlhamdulillahCapasitorDVD playermainboardMotor SLmotor tapePCB 2 LayerTapeTape compo philips