Switch Master Televisi

Switch Master

Penggunaan pada televisi adalah sesuatu keharusan, dimana secara fungsi untuk memutuskan aliran listik yang masuk ke dalam suatu rangkaian. Tetapi ada juga sebagaian yang menggunakan model switch digital sebagai media on-0ff dengan pertimbangan power supply mesti dalam keadaan on terus, dengan kata lain posisi switch master di tiadakan.

Salah satu model switch master bisa kita lihat pada gambar berikut :

Dengan adanya switch master televisi bisa kita matikan secara keseluruhan, ada hal baik disini dimana akan memperpanjang umur televisi-nya . Arus listrik yang selalu terpasang pada rangkaian power supply, akan mempercepat kerusakan pada komponen yang terpasang di dalam rangkaian tersebut.

Ada beberapa kasus kerusakan televisi juga karena disebabkan tidak berfungsi switch master-nya, sebenarnya untuk pemakain biasa hal ini jarang terjadi. Beberapa faktor penyebab rusak-nya switch adalah :

  • Timbul-nya karat pada platina.
  • Adanya Semut merah.
  • Terkikis-nya nok untuk penahan dalam switch

Dari beberapa contoh diatas yang paling sering kita temukan kerusakan di sebabkan karena adanya semut merah, binatang ini masuk kedalam switch dalam jumlah yang lumayan banyak dan yang pada akhirnya menutupi platina. Dengan keadaan seperti ini platina jadi tidak terhubung dengan baik, dampaknya switch tidak dapat berfungsi dan televisi tidak dapat beroperasi.

Semut ini jika memang berada pada komponen dengan tegangan 300 volt dapat membuat kerusakan pada komponen tersebut, contohnya Ic Switching atau mungkin transistor. Binatang ini sebagai penyumbang kerusakan televisi pada beberapa kasus yang kita temukan. Jadi jika ada semut di dekat televisi anda tinggal tunggu saja kerusakan itu muncul, hal ini tidak berlangsung secara instan tapi nunggu beberapa waktu.

Solosi perbaikan tentunya kita tinggal mengganti switch yang mengalami kerusakan, tapi kalau mau ada yang coba bisa juga diperbaiki. Dengan membuka switch dan membersihkan-nya jika banyak semut di dalamnya harus kita keluarkan dan selanjutnya di amplas platina-nya.

Harga switch yang relatif murah lebih baik kita beli saja switch yang baru, itulah sepintas tentang switch master televisi dan penyebab kerusakannya. Untuk memperbaiki kerusakan pada televisi hal ini mesti di utamakan setelah kita periksa fuses/sikring. Switch master yang sering mengalami kerusakan terjadi pada keluaran televisi Sanyo flat ini bukan di sebabkan adanya semut melainkan karena platina dalam switch yang terkikis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

faktorKaratplatinasemutswitch master televisi