Regulator Mpeg DVD Biar Awet

Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada sekian kasus yang sering kita temui tegangan 5 volt tersedia ? tapi kenapa Mpeg tidak bekerja dengan semestinya , nah untuk melanjutkan perbaikan kita mesti memeriksa tegangan yang ada di area regulator Mpeg. Di area ini biasa terpasang transistor type S8550 untuk type terbaru dan untuk type lama biasanya suka pakai ic  lm317 versi smd. Tegangan output di area ini terbagi 2 yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt dengan input tegangan 5 volt , output didapat dari transistor S8550 kaki colector dan untuk kaki emitor terpasang dioda ( tegangan 5 volt dipaksa drop menjadi 4,2 volt ) ini dimaksudkan supaya hawa panas dari transistor tidak terlalu berlebihan saat terkena beban.

Kejadian ini kita temukan saat mencoba perbaiki dvd player dimana tegangan 1,2 volt tidak tersedia dan penyebabnya adalah transistor S8550 dalam kondisi rusak.. Setelah kita pasangkan yang baru kita coba hidupkan ? Mpeg sudah bekerja dengan normal dan kita pegang body transistor S8550 puanasss banget. Ide tercuat seketika yaitu memindahkan transistor S8550 kebagian bawah PCB ,cara ini kita tempuh supaya transistor S8550 menyentuh lapisan body DVD Player dan dengan demikian panas bisa terbuang ke body DVD tersebut , contoh dalam bentuk tampilan gambar setelah selesai proses pemasangan:

Yang kita pindahkan transistornya hanya 1 buah , seharusnya dua-duanya supaya lebih tahan… bagi yang mau mencoba….. silahkan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

mpeg dvdTransistor S8550