Artikel Terbaru

Thursday, March 28, 2024
Belajar elektronikTips & Trik

Penggantian Capasitor

Kerusakan komponen memang kerap terjadi tentunya karena pemakaian dan itu sudah menjadi kewajaran, namanya dipakai. Suatu hari kita pernah melayani seorang pembeli karena kebetulan kita sedang bekerja di toko tempat jual spare part, dia menanyakan ada capasitor 1500 uf/16 volt ? Langsung kita jawab nilai tersebut tidak ada, kalau mau pakai nilai 2200uf/16 volt saja . Pembeli kembali bertanya , apakah dengan nilai tersebut bisa digunakan ? Kita jawab tentu saja bisa yang penting tagangan kerja sama yaitu 16 volt kalau untuk nilai yang lebih besar dari 1500uf ke 2200uf itu akan lebih bagus.

capasitor-elektrolit

Capasitor yang secara prinsip kerjanya menyimpan energi dengan nilai yang lebih besar tentunya akan lebih bagus, yang menjadi acuan adalah media/ lokasi pemasangan di PCB apakah tersedia ( muat ) karena terkadang bentuk capasitor pengganti ada yang lebih besar fisiknya. Pemasangan di PCB juga mesti diperhatikan terutama untuk jenis elektrolit karena mempunyai dua kutub ( positif dan negatif ) terkecuali yang non elektrolit ( bipolar ) , kalau yang type ini bebas pola pemasangannya. Kutub positif capasitor elektrolit ditandai dengan panjang kaki yang jauh lebih panjang dari pada kaki negatifnya itu secara umumnya , kadang ada juga panjang kaki capasitor sama rata dan mengetahui ini bisa dilihat dari tanda garis di body capasitor ( sebagai kutub negatifnya ) .

Jika terjadi salah penempatan kutub capasitor ( terbalik )  yang terjadi adalah capasitor akan meledak dan mengeluarkan cairan elektrolit. Cairan ini sangat berbahaya jangan sampai terkena mata, jadi mesti lebih teliti setelah proses penggantian harap diperiksa kembali apakah sudah benar atau belum . Waktu pengetesan juga jagak jarak jangan terlalu dekat untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Capasitor  dengan tegangan kerja besar mempunyai resiko lebih besar jika terjadi salah pemasangan dan mungkin saja merembet ke komponen lain apabila sistem rangkaian tidak mengadopsi sistem protek.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 95