Panasonic Facsimile KX-FPG376 Mati-Total

Diagnosa

Panasonic Facsimile waktu kita terima dalam keadaan mati-total, tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Tampilan Panasonic Facsimile:

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Pemeriksaan kita mulai pada bagian power supply, disini setelah kita ukur power supply mengalami drop. Tegangan output yang di keluarkan dari power supply ada 2 macam yaitu 5 volt dan 24 volt. Jika kita lepaskan soket output dari power supply ke rangkaian Facsimile , Tegangan output terlihat normal.

Model power supply-nya pada gambar berikut:

Untuk mengetahui letak kerusakan kini kita coba mengganti beban output 24 volt dari power supply dengan menggunakan lampu 12 volt 10 watt. Hasil yang kita dapatkan tegangan output berdenyut, lampu terlihat kedap-kedip dengan cahaya yang sangat redup.Jadi jelas sudah ada masalah di bagian power supply-nya bukan pada rangkaian Facsimile.

Capasitor komponen utama yang mesti kita periksa terlebih dahulu, karena kita lihat power supply masih bisa bekerja walaupun tidak sempurna.Dan hasilnya positif kerusakan ini disebabkan karena tidak berfungsinya Capasitor B-UP dengan kapasitas 47uF/50 volt pada bagian primer power supply.Untuk letak dalam rangkaian bisa kita lihat pada gambar berikut:

Lingkaran warna merah adalah Capasitor yang kita maksud, setelah kita ganti kini kita coba kembali hidupakan Facsimile? Hasilnya Alhamdulillah Facsimile sudah kembali normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

AlhamdulillahCapasitorPanasonic FacsimilePower supplyVolt