Artikel Terbaru

Tuesday, April 16, 2024
Flash fotoMedia oprek

Oprek Nikon SB80DX

Nikon SB80DX

Nikon-SB80DX-Speedlight-225x300

Permasalahan terjadi pada bagian lampu flash dimana jika kita coba hidupkan manual terlihat cahaya yang dikeluarkan redup sekali,dan bila kita lihat langsung pada lampu flash cuma terlihat cahaya pada bagian pinggir lampu. Apakah lampu-nya yang memang sudah tidak bagus atau mungkin ada kemungkinan lain sehingga terjadi permasalahan ini, berikut ini kita akan adakan pemeriksaan total untuk mencari penyebab utamanya.

Awal pemeriksaan kita mulai dengan mengukur tegangan yang tersimpan di capasitor, disini untuk memastikan sistem pengisian apakah berjalan normal. Dari hasil pengukuran kita dapatkan tegangan hampir 300 volt yang tersimpan di capasitor dengan kapasitas 1400uf/330 volt. Dengan adanya tegangan pada bagian ini , untuk tahap berikutnya mesti kita buang dahulu tegangan yang tersimpan dengan menggunakan lampu 100 watt/220 volt. Hal ini untuk menghindari kecelakaan kerja karena dampak yang terjadi jika sampai kena tangan adalah kesetrum.

Letak pengukuran tegangan di capasitor bisa kita lihat pada gambar berikut :

Nikon-SB80DX-soket-capasitor-biru-merah-300x178

Pada soket untuk kabel warna biru adalah kaki min capasitor sedangkan kabel warna merah adalah untuk kaki positif capasitor. Setelah kita kosongkan capasitor tahap berikutnya kita adakan pengukuran kembali dengan multitester untuk lebih menyakinkan, disini kita masih menemukan sedikit tegangan yang masih tersimpan. Karena cuma sedikit bisa kita shot-kan langsung dengan menggunakan kabel multitester.

Sekarang tinggal kita adakan pengukuran kabel penghubung dari capasitor ke lampu flash, yaitu dari kabel warna merah ke kabel warna putih. Posisi kabel putih ada dibagian sebelah kiri lampu flash, dari hasil pengukuran kita dapatkan terjadinya putus pada kabel penghantar tegangan + 300 volt. Satu penyebab sudah kita ketahui berikutnya kita adakan pengukuran untuk sistem grounding lampu flash, kabel penghantar juga berwarna putih dengan posisi sebelah kanan.

Hasilnya juga positif terjadi putus , kabel grounding lampu flash terhubung ke rangkaian yang menggunakan transistor IBGT sebagai media switch-nya. Posisi kabel bisa kita lihat pada gambar berikut :

Nikon-SB80DX-grounding-lampu-flash-300x225

Dari kedua hasil ini sudah dapat kita pastikan sebagai penyebab utama kasus kerusakan, sedangkan lampu flash-nya masih dalam kondisi baik karena jika kita lihat warna lampu masih bersih / tidak berwarna hitam. Tiba saatnya mengadakan penggantian kabel yang mengalami putus, tindakan ini sangat merepotkan karena mesti membuka semau bagian. Tampilan selagi di bongkar bisa kita lihat pada gambar berikut :

Nikon-SB80DX-isi-bagian-dalam-300x225

Setelah terbuka semua-nya kini kita tinggal mengganti kabel penghubung yang mengalami putus dengan kabel baru, karena model kabel bawaan adalah kabel elastis dan kita tidak punya kabel seperti ini maka kita coba ganti dengan kabel biasa dimana ukurannya sama besar. Kabel sudah terpasang kini tinggal memasangkan kembali semua bagian yang tadi kita lepaskan, untuk ini mesti diperhatikan beberapa nok yang ada pada sisi kanan dan sisi kiri .

JIka memang pas pastinya lubang baut akan terlihat, setelah selesai proses pemasangan kini kita coba kembali hodupkan Nikon SB80DX “tunggu sebentar untuk proses pengisian capasitor setelah lampu indikator menyalah kita tekan tombol manual flash? Hasilnya Alhamdulillah lampu flash sudah kembali berfungsi.

Kesabaran sangat dibutuhkan untuk menghadapi hal-hal seperti ini, baut-baut yang dipergunakan sangat mini serta banyaknya nok yang terpasang pada beberapa bagian. Jadi mesti di ingat waktu mengadakan pelepasan casing jangan sampai bisa buka tidak bisa pasang. Selamat mencoba semoga berhasil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 7