Oprek Amplifier OCL

Oprek amplifier OCL

Model kits-nya :

Kits amplifier OCL yang bisa kita temui dipasaran biasanya menggunakan komponen yang berkualitas no 2 , itu bisa kita lihat dari harga jualnya. Dengan harga yang demikian murah tidak sebanding sama komponen yang dipergunakan, coba saja kalau mau dibandingkan apabila kita beli satu-persatu dan kita coba rakit sendiri pastinya akan lebih mahal. Mahal disini karena penggunaan Transistor power yang berkualitas bagus, tidak seperti transistor yang sudah ada pada Kits amplifier tersebut .

Apabila memang sudah kita beli Kits amplifier OCL-nya ? Ada cara untuk membuat hasilnya bisa maksimal yaitu dengan melakukan perubahan diantaranya :

1 Tegangan supply ke rangkaian amplifier kita pergunakan 42 volt DC yang didapat dari trafo 10 Amper 32 volt AC. Pergunakan Capasitor filter dengan kapasitas 10000uf/50 volt sebanyak 4 buah. Dioda yang kita pergunakan adalah model bridge dengan output 10 Amper. Tampilan dioda bridge-nya:

2 Ganti beberapa Resistor dengan model 2 Watt yaitu untuk nilai 100 ohm dan 10 kohm

3 Ganti capasitor filter amplifier untuk nilai 47 uf/50 volt dengan 47uf/63 volt, ada 4 buah yang terpasang di rangkaian amplifier OCL-nya

4 Ganti transistor BD140 dengan Tip32 sedangkan transistor BD139 dengan Tip31. Dan satu lagi transistor D400 kita ganti dengan Tip31

5 Ganti transistor power biasa memakai type Tip 31/32 atau Tip41/42, atau Mj2955/3055 dengan transistor jengkol ST 2955 dan 3055 atau dengan model transistor Sanken juga bisa.

6 Resistor 0,47 ohm 1 Watt kita ganti dengan 0,47 ohm 5 watt

7 Capasitor input 100nf/63 volt kita ganti dengan 470 nf/63 volt

Daftar komponen diatas adalah untuk sistem mono jadi kalau mau stereo dikalikan 2 .

Pergunakan alumunium yang berkisi banyak untuk memudahkan pelepasan panas dari transistor power, penambahan kipas pendingin juga bisa kita terapkan. Satu lagi lengkapilah dengan memasangkan speaker protektor, untuk menghindari kerusakan pada speaker apabila amplifier mengalami kerusakan transistor power-nya. Untuk tone control bisa menggunakan model Kits jadi dengan model Ic ataupun model Transistor, kita sarankan model transistor saja.

Bisa dihitung berapa besar uang yang mesti kita keluarkan untuk ini, tentunya lumayan mahal. Jika hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan tentunya tidak jadi masalah, itulah sekilas cara memaksimalkan Kits amplifier OCL semoga dapat bermanfaat.

note :

Penggunaan trafo yang besar Ampernya sangat membantu untuk mendapatkan hasil suara frekuensi rendah yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

5wattcapasitor 10000uf.50volt.transistordioda bridge 10 amperOprek amplifier OCLresistortrafo 10 amper