Artikel Terbaru

Monday, April 15, 2024
Tips & Trik

Konsep Analisa Awal Kerusakan Rangkaian Elektronik

Usaha servis elektronik

Tips yang paling mudah untuk diikuti terutama untuk pemula, berkisar poin-poin apa saja yang mesti diutamakan dalam menganalisa kerusakan yang terjadi pada perangkat elektronik. Dari sekian banyak perangkat elektronik yang ada secara umum konsep kerjanya adalah sama karena komponen yang digunakan juga sama yang membedakan hanya fungsi perangkatnya. Contoh paling mendasar adalah rangkaian catu daya ( power supply ) dan sistem regulator, ini menjadi rangkaian terdepan . Kerap kali terjadi permasalahan dibagian ini sehingga perangkat tidak bisa berfungsi.

Catu daya ( power supply ) dan sistem regulator terbagi 2 yaitu :

Memakai Trafo konvensional CT /Non CT, trafo ini menggunakan 2 kumparan yaitu primer dan sekunder dan biasanya jika mengalami kerusakan bisa terlihat dengan kasat mata ( plastik rumah kumparan/lilitan kawat meleleh) . Jika tampilan trafo baik/ tidak terlihat kerusakan seperti yang kita utarakan diatas maka biasanya themofuses yang mengalami kerusakan, perbaikannya dengan menjumper ( untuk pabrikan biasa ada konektor AC input yang tidak terpakai biasanya lokasi themofuses ada disitu ) dan jika tidak ada biasanya ada dibadan trafo ( ditengah kumparan) cukup lepaskan isolasi penutup kumparan dan sambungkan dengan kawat atau kabel.

Analisa sistem ini :

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

1 2
tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85