Komponen Televisi

Jika kita mengetahui nama dan fungsi komponen elektronik pastinya akan memudahkan kita dalam usaha pelacakan kerusakan yang terjadi pada alat-alat elektronik seperti televisi,dvd player, maupun yang lainnya.Pada umumnya komponen yang ada pada televisi adalah sama saja secara fungsi tapi beda dalam kemasannya.

Berikut kita ambil contoh beberapa komponen yang dipergunakan pada televisi LG, diantaranya adalah:

PTC adalah alat yang dipergunakan untuk menghilangkan efek pelangi yang ada di sudut-sudut layar monitor. Mungkin kita pernah melihat adanya warna biru atau merah di beberapa bagian layar monitor. Ukuran PTC ini adalah 14 ohm ? dalam  kondisi dingin dan akan berubah nilai jika sudah panas. Bentuk PTC adalah sebagai berikut:

IC Regulator adalah komponen yang merubah nilai tegangan output dari yang lebih besar menjadi lebih kecil, contohnya input 12 volt di turunkan menjadi 5 volt. Tegangan output yang dihasilkan adalah konstan/ stabil, Pada televisi LG menggunakan type LD33CV. Output dari IC ini adalah 3,3 volt kegunaannya adalah untuk sistem logic. Bentuk IC LD33CV bisa kita lihat pada gambar berikut:

Optocoupler adalah alat pembantu dalam penstabilan tegangan output di power supply, dengan adanya alat ini hasil tegangan output bisa di control tanpa adanya efek strum pada bagian sekunder. Pada televisi LG menggunakan type 817, bentuk Optocoupler adalah sebagai berikut:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

CapasitorICKomponenkomponen televisiLGnamaOutputPower supplyTelevisiVolt