Artikel Terbaru

Thursday, March 28, 2024
DVD playerTips & Trik

DVD GMC 088B HDMI System Error

Diagnosa

DVD GMC 088B HDMI saat awal dihidupkan tampak normal-normal saja , problem ketika saya masukan kepingan disc ( tampilan display saat proses reading disc menjadi welcome screen ).

Modelnya :

Apakah penyebabnya ?

Power supply inti dari permasalahan ini, yang paling awal sekali saya cek bagian filternya yaitu capasitor 1000uF/16 volt, hasil pengukuran nilainya masih sesuai ( bagus ) . Selanjutnya saya cek ic controller b+ yaitu TL431 dan hasil pengukuran juga terlihat normal, lanjut dengan IC utamanya type SD6832 . Saya curiga IC SD6832 telah mengalami overheat sehingga kerjanya menjadi tidak optimal. Saat arus yang dibutuhkan lebih besar ic ini gagal untuk memberikan supply yang dibutuhkan oleh MPEG sehingga proses reading disc gagal dan mulai lagi dari awal seperti baru saja dihidupkan .

Penggantian IC akan saya lakukan dengan menggunakan kits smps 5 kabel yang sangat mudah ditemukan di online store. Seperti ini setelah dipasangkan di board-nya :

Tambahan, lepaskan resistor yang terhubung ke jalur B+310 volt :

Hasil penggantian ini membawa hasil positif, sekarang arus yang di supply sesuai dengan kebutuhan MPEG. Alhamdulillah DVD GMC 088B HDMI sudah kembali normal. Bagi yang memerlukan firmwarenya silahkan download disini , mudah-mudahan bisa bermanfaat

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 85