Artikel Terbaru

Friday, April 12, 2024
Belajar elektronik

Adaptor Tidak Keluar Outputnya

Diagnosa

Adaptor jika kita hidupkan kita tidak terlihat lampu indikator menyala, kita ukur tegangan outputnya juga tidak ada.

Model Adaptor :

Tampak-atas-adaptor-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Adaptor ini mempunyai sistem output yang bervariasi yaitu dari 3 volt sampai dengan 12 volt, pengaturannya menggunakan resistor yang terpasang secara seri dengan dibantu oleh saklar rotary. Kasus kerusakan yang terjadi adalah tidak ada output-nya, pemeriksaan kita mulai dengan mengukur switch master/ on-off. Hasil pengukuran switch sudah dalan keadaan rusak, jadi segera kita adakan penggantian.

Setelah switch pengganti terpasang , kita coba masukkan aliran listrik dan hasilnya adaptor tetap tidak berfungsi/ lampu indikator masih tidak menyala. Langkah selanjutnya kita periksa fuses, hasilnya positif sudah dalam keadaan putus jadi langsung kita ganti fuses-nya. Kini kita coba kembali hidupkan adaptor-nya ? hasilnya lampu indikator terlihat sudah menyala, segera kita adakan pengukuran tegangan output dengan multitester ? hasilnya tegangan berada di level 20 volt

Sistem pengaturan tegangan sepertinya tidak berfungsi, karena tegangan output tetap tidak berubah ketika kita coba pindahkan saklar rotary-nya ke posisi tegangan 12 volt. Untuk memperbaiki ini langsung kita adakan pengukuran pada transistor C9012 , komponen inilah yang memberikan sinyal pengaturan untuk output-nya. Pada adaptor ini menggunakan 1 transistor D313 dan 2 transistor C9012.

Kita periksa semua transistor-nya , dan akhirnya kita temukan satu transistor C9012 yang mengalami kerusakan. Segera kita adakan penggantian, untuk pemasangan pada papan pcb harap diperhatikan letak kaki transistor-nya karena tidak tertera simbol pada papan.Kaki transistor C9012 secara urut adalah:

  • 1 Emitor
  • 2 Basis
  • 3 Colector

ini kita lihat dari depan/maksudnya searah dengan kode pada badan transistor-nya. Transistor pada papan pcb bisa kita lihat pada gambar berikut:

Transistor-C9012-adaptor-300x225

Setelah selesai penggantian transistor C9012 kini kita coba kembali hidupkan adaptor ? Hasilnya alhamdulillah adaptor sudah kembali normal, tegangan output sudah ada dan dapat diatur sesuai dengan keperluan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 12