Artikel Terbaru

Tuesday, April 30, 2024
Belajar elektronik

Perbaikan Trafo Donat

Diagnosa

Trafo Donat

Trafo donat jika kita masukan aliran listrik ? Listrik langsung jepret.

Trafo jenis ini sekarang semakin banyak di pergunakan, yang paling sering kita lihat ada pada amplifier dan beberapa di Mixer. Karena bentuknya yang bundar maka sering di sebut donat, Pada kebanyakan kasus kerusakan pernah kita temui trafo jenis ini mengalami shot. Shot terjadi pada lilitan primer, kalau mau ada yang nyoba juga bisa di benerin. Cara perbaikannya sangatlah memakan waktu karena kita mesti melepaskan lilitan sekunder terlebih dahulu.

Lapisan isolasi yang paling awal mesti kita lepaskan setelahnya barulah lilitan kawat sekunder , panjang lilitan kawat inilah yang menambah panjang waktu pelepasannya. Tindakan ini harus hati-hati karena lapisan email yang ada pada kawat bisa tergores, jika sudah dapat kita lepaskan semua lilitan kawat sekunder tahap berikutnya adalah melepaskan isolasi pembatas .

Jika sudah barulah bisa kita lihat lilitan kawat primer, biasanya dapat kita lihat dengan jelas letak terjadinya shot. Untuk perbaikannya hanya dengan memberinya isolasi, Jika kawat mengalami putus bisa kita tambahkan kawat email baru dengan diameter yang sama. Setelah kita sambungkan dan memberinya isolasi tahap berikutnya kita ukur dengan multitester untuk memastikan tidak ada yang shot lagi, ini bisa kita lihat dengan hasil pengukuran 26 ohm.

Selanjutnya memasangkan isolasi pembatas lalu memasangkan kembali kawat lilitan sekunder, untuk mempermudah kawat lilitan sekunder kita gulung dahulu di media lain supaya mudah untuk memasukannya ke lingkaran trafo. Setelah terpasang semuanya kini kita coba masukan aliran listrik ? Hasilnya Alhamdulillah trafo sudah tidak konslet lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Related Posts

1 of 12