tips and trik servis elektronik


26
2012

Tv Sharp Gambar ada Garis Vertikal Di Tengah Layar Monitor

Diagnosa

Televisi Sharp kita hidupkan’ tampak garis vertikal di tengah-tengah layar monitor, jika kita beri antena hasil gambar yang dihasilkan mengalami distorsi.

Seperti ini tampilan pada layar monitor-nya :

Tampak depan televisi Sharp

Kalau kita lihat sekilas trouble ada pada bagian Vertikal, untuk lebih jelasnya segera kita selidiki?

Televisi Sharp ini menggunakan IC TDA8357J untuk sistem vertikal dimana catu daya yang digunakan ada sumber yaitu 12 volt dan 45 volt. Dalam rangkaian di pasangkan Dioda persisnya dari supply 12 volt ke supply 45 volt, jadi apabila supply 45 volt tidak masuk ke rangkaian maka penggantinya adalah 12 volt.

Jadi inilah yang menyebabkan televisi mengalami trouble seperti kasus yang sedang kita tangani. Setelah kita cek tegangan supply 45 volt tidak masuk kerangkaian vertikal, ini disebabkan adanya Resistor yang putus. Resistor nilai 33? yang mengalami kerusakan. Tampak pada mainbord seperti ini:

mainboard televisi Sharp/ Lokasi kerusakan dengan tanda lingkaran merah

Pada gambar diatas dengan lingkaran warna merah itulah Resistor yang kita maksud, jadi hanya Resistor saja yang mesti kita ganti. Setelah kita ganti resistornya Alhamdulillah televisi sudah kembali normal, Garis yang ada di tengah layar monitor kini sudah tidak ada lagi.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA
Lazada Malaysia