tips and trik servis elektronik

Apr
30
2013

Tv Sanyo CG21YS22B Mati-total


Diagnosa

Tv Sanyo CG21YS22B jika kita coba hidupkan tv tidak mau hidup, lampu indikator kita lihat tidak menyala lebih mudah kita bilang mati-total

Model tv Sanyo :

model tv sanyo cg21ys22b

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Untuk mengetahui penyebab kerusakan langsung deh kita buka tv-nya, setelah terbuka lokasi pertama yang kita periksa adalah dibagian power supply. Tv ini menggunakan IC STRW 6753 sebagai switching tunggal untuk power supplynya, dan setelah kita amati lebih dekat ternyata telah terjadi hubungan singkat di IC STRW 6753. Secara fisik kita lihat IC STRW 6753 tidak terlihat pecah atau hangus tapi kalau kita lihat resistor ada 3 buah mengalami hangus, dan untuk mengetahui lebih jauh kita lakukan pengukuran dan hasil yang kita dapatkan adalah :

1 Resistor 0,68 ohm X 2 dalam kondisi putus, ini untuk sistem grounding IC STRW 6753

2 Resistor 1-2,2 ohm untuk Vcc IC STRW 6753 dalam kondisi putus

3 Resistor 100 ohm untuk pinout no 7  IC STRW6753 juga dalam kondisi putus

4 Dioda 4148 juga dalam kondisi shot/ hubung singkat

Tampilan power supply tv Sanyo CG21YS22B:

psu tv sanyo cg21ys22b

Dengan kondisi seperti ini bisa kita bilang 90 persen rangkaian power supply dalam kondisi parah dan untuk menanggulanginya mesti kita benahi dari komponen pendukung terlebih dahulu yaitu resistor serta dioda dan setelahnya barulah kita pasangkan IC STRW 6753. Saat melakukan pengetesan ada baiknya lepaskan tegangan supply untuk FBT dan lakukan pengukuran sesaat setelah power supply hidup, Power supply bekerja dengan baik jika tegangan untuk kanal FBT bernilai 125 volt.

Alhamdulillah setelah kita adakan pengukuran tegangan output sesuai yaitu 125 volt dan segera kita sambungkan kembali ke posisi semula yaitu ke jalur FBT. Kita hidupkan tv Sanyo lagi dan hasilnya tv Sanyo sudah kembali normal, tampilan gambar dalam kondisi bagus begitu pula untuk suaranya.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda