Your browser is not supported for the Live Clock Timer, please visit the Support Center for support.
Jul
8
2014

Trouble No Disc DVD Player

NO DISC ?

Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK ), mungkin saja benar tapi mungkin saja tidak benar. Kita harus memeriksa dengan seksama kiranya ada dibagian mana letak utama penyebab kerusakan, resiko kita sudah tahu jika ada kesalahan prediksi ( spare part ) tidak mungkin di kembalikan . Jika sampai terjadi ya ” jadi suku cadang deh sambil nunggu pasien yang sama supaya part yang tadi kita beli bisa dipasangkan ke dvd player tersebut.

Banyak versi penyebab kerusakan no disc kita ambil satu contoh :

  • Mekanik OptikĀ 

Jika komponen yang ada diarea ini ada yang bermasalah maka bisa menyebabkan kasus no disc , cuma ada 4 komponen yaitu :

  1. Optik
  2. Motor SL
  3. Motor SP
  4. Switch / reset to top area

Keterangan :

  1. Optik jika rusak maka saat proses read sama sekali motor SP tidak berputar
  2. Motor SL rusak maka saat proses read , motor SP berputar dengan normal tapi optik timbul suara berisik ( seperti memaksakan proses reading disc )
  3. Motor SP rusak maka saat proses read motor SP berputar dengan perlahan ( tidak semestinya ) dan saat kita open disc tidak langsung berhenti .
  4. Switch rusak maka saat proses open close terjadi keterlambatan proses,, nunggu sesaat dan optik tidak berfungsi seperti seharusnya.

Sebagai contoh yang nyata yang telah kita temui adalah untuk kasus no 2 , disini motor berfungsi dengan baik dan yang jadi penyebabnya adalah gear penggerak terjadi retak permukaannya sehingga putaran menjadi berat. Jika memang memungkinkan bisa saja kita ganti gear yang rusak dengan gear yang baru cuma akan sulit mendapatkannya andai saja ada mesti beli satu paket mekanik ( copotan ). Untuk memudahkan proses perbaikan ini disini kita gunakan fuses ( sikring ) sebagai media perekat gear , kita pasangkan penutup fuses ke gear seperti ini setelah kita pasangkan :

gear-mekanik

Hasil yang kita dapatkan alhamdulillah sistem penggerak optik sudah bekerja dengan semestinya jadi tidak perlu mengganti gear tersebut , hanya mesti sedikit kreatif. Inilah coretan yang bisa kita tuangkan semoga bisa bermanfaat……… amiin

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Sering Dibaca