Mei
25
2012

Trik perakitan Amplifier

Merakit amplifier menjadi pekerjan yang menyenangkan buat kita yang sedang belajar elektronika, terkadang ada sesuatu yang timbul setelah perakitan amplifier-nya selesai yaitu timbulnya suara dengung . Walaupun volume sudah kita kecilkan tetap saja suara dengung terdengar dari speaker, bagaimana cara menanggulangi permasalahan ini ?

Berikut ini kita beri solusinya diantaranya adalah :

  • Salah penempatan trafo, kesalahan disini biasanya kerena letaknya berdekatan dengan tone control untuk amplifier-nya. Sebenarnya hal ini bisa saja tidak terjadi jika kita menggunakan trafo yang model pabrikan alias copotan dari bawaan asli pabrik. Jika memang menggunakan trafo yang di jual di pasaran maka kita mesti menjauhkannya dari tone control.
  • Salah pengambilan ground untuk speaker, kabel ground atau min untuk speaker kita ambil dari kabel masukan ground untuk rangkaian power amplifier jangan dari regulator-nya. Hal yang kita bahas ini adalah karena penggunaan rangkaian regulator sendiri jika memang menggunakan amplifier yang sudah jadi satu dengan regulator maka untuk yang satu ini bisa di abaikan.
  • Bertemunya dua kali ground pada rangkaian, maksudnya jika kita sudah mendapatkan satu line ground maka untuk ground sasis kita ambil dari tempat awal kita dapatkan ground tersebut. Contohnya pada rangkaian power amplifier ada line input untuk tone control , dari line ini kita sudah mendaptkan ground maka tidak perlu lagi mengambil ground dari tempat lain.
  • Kabel input tidak terlindung,, sebaiknya menggunakan kabel head yang isi 3 efek yang terjadi biasanya timbul suara storing jika menggunakan kabel biasa.
  • Penggunaan capasitor yang kurang besar kapasitasnya, ini juga menjadi sebab timbulnya suara dengung.
  • Penggunaan tone control dengan power supply sendiri, perhatihkan nilai capasitor filter-nya

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Comments are closed.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan tekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori