tips and trik servis elektronik

Wednesday, July 30, 2014

14
2012

Transistor FET

Transistor FET

Penggunaan transistor jenis ini semakin banyak dalam dunia elektronika, terutama untuk bagian power supply atau bagian pengaturan yang membutuhkan daya yang cukup besar. Pada prinsipnya tetap sama seperti transistor pada umumnya ,cuma untuk sistem rangkaian untuk transistor Fet sangatlah berbeda. Jika pada transistor NPN atau PNP mempunyai kaki Basis-Colector-Emitor sedangkan untuk transistor Fet adalah Gate-Drain-Source.

Varian juga sama yaitu type N dan type P, untuk jenis yang beredar di pasaran lumayan banyak jadi jika ada kerusakan pada transistor fet tidak terlalu susah untuk mencari gantinya. Dan satu hal lagi cara mengenali suatu rangkaian elektronik yang memakai transistor fet juga mudah yaitu selalu menggunakan sinyal tegangan Ac contohnya tegangan driver untuk Gate Transistor pada rangkaian power supply dimana biasanya memakai capasitor ukuran Nano Farad.

Bagaimanakah caranya untuk memastikan transistor fet masih dalam keadaan baik ? berikut ini kita ambil salah satu jenis transistor fet dengan type 2SK3911, secara prinsipnya berlaku untuk semua type yang ada. Tampilan transistor 2SK3911 ada pada gambar berikut:

transistor-fet-2sk3911-191x300

Kaki no 1 dari kiri adalah Gate

Kaki no 2 tengah adalah Drain

Kaki no 3 kanan adalah Source

Kita gunakan multitester dengan batas ukur x10 dengan prob hitam ada pada kaki Source sedangkan prob merah pada kaki Drain hasil pengukuran akan tampak seperti pada gambar berikut :

Cara-pengukuran-transistor-fet-300x225

Dan jika prob hitam pada kaki source sedangkan prob merah pada kaki Gate untuk ini kita tidak akan mendapatkan hasil pengukuran, seperti ini tampilan pengukuran pada multitester :

Cara-pengukuran-transistor-fet-2-300x225

Apabila pada pengukuran diatas kita mendapatkan hasil pengukuran maka dari hasil itu sudah bisa pastikan transistor fet sudah dalam keadaan rusak. Kaki Gate memang tidak bisa di ukur dan memang seperti itu modelnya tapi apabila kita berikan prob hitam pada kaki Gate sedangkan prob merah pada kaki Drain:

Cara-pengukuran-transistor-fet-3-300x225

Tampak tidak ada hasil pengukuran tapi bila secepatnya kita pindahkan prob hitamnya ke kaki source maka akan kita dapatkan hasil pengukuran seperti semula dengan nilai yang lebih besar dimana secara perlahan kembali ke posisi pengukuran awal. Perubahan ini terjadi karena kaki Gate mendapat tegangan positif dari multitester dan akhirnya antara kaki Drain ke Source menjadi terbuka.

Begitulah cara pengukuran yang selalu kita pergunakan untuk memastikan transistor fet dalam keadaan baik, cara ini bisa diterapkan untuk semua model transistor fet type N apabila menemukan type P maka tinggal di balik saja prob untuk pengukuran-nya . Yang tadinya prob hitam pada kaki source kita gantikan dengan pron merah begitu seterusnya.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

8 Comments + Add Comment

  • Mantap mas bro … kebetulan sy ada Tr PSU atx yg mati total, sy curiga ma TR K4115 nya ada sepasang, sdh sy bongkar tp sy bingung ngukurnya. Kira2 harganya mahal ngga ya mas, atau susah nyarinya ya?

    Trimakasih

    • cara ukur sangat simpel seperti yang sudag kita uraikan,,, untuk harga biasanya tidak terlalu mahal….jika tidak ketemu versi aslinya bisa saja menggunakan persamaan terima kasih sudah berkunjung

      • Oke mas bro … saya praktekin dulu, nanti sy kabarin lg

  • Nice share bang. sangat membantu pembelajaran saya.

    • tanks, terima kasih sudah berkunjung

  • siiiippp kang….makasih atas share ilmunya….kunjungan dari http://servicetvku.blogspot.com

    • terima kasih atas kunjungannya

  • Mantab mas brow atas shere nya nmbah ilmu,mksi mas

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA