Transistor Amplifier Toa

Transistor amplifier Toa

transistor-amplifier-toa-2s-143x300

Amplifier TOA menggunakan trafo OT sebagai media line out untuk ke speaker, sistem kerja amplifier model ini membutuhkan arus yang cukup besar. Dengan arus yang sedemikian besar mengharuskan menggunakan transistor yang mempunyai daya besar pula. Amplifier Toa yang sering saya jumpai menggunakan 4 buah transistor  type 2SC5198, saat ini untuk membeli type transistor 2SC5198 mesti beli sepasang/ tidak bisa satuan.

Mungkin ada juga yang jual dengan versi satuan mungkin kualitasnya meragukan.  Apa saja yang mesti diketahui saat melakukan perbaikan amplifier Toa jika terjadi konsleting ? Sedikit gambaran supaya proses perbaikan bisa berhasil, diantaranya adalah :

1 Transistor yang konsleting ( rusak ) ,ini terjadi karena adanya beban yang besar yang harus dikeluarkan oleh transistor tersebut, hal ini terpaut dengan pemasangan beban pada kanal output . Amplifier TOA mempuyai daya kerja maksimum 120 watt , ini bisa diberikan beban speaker 100 watt dengan asumsi speaker toa 4 buah dengan watt masing-masing 25 watt. Perlu diketahui sebelum mengadakan penggantian transistor yang mengalami kerusakan ada baiknya ukur transistor driver type 2sk975

Transistor driver untuk amplifier toa biasa memakai type 2SK975, untuk spesifikasi lengkap bisa dilihat pada link

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Laman: 1 2