tips and trik servis elektronik

May
21
2012

Transistor 2N3055

Transistor 2N3055

Transistor jenis ini banyak digunakan pada rangkaian power amplifier, dimana kegunaannya sebagai penguat akhir dalam rangkaian power amplifier. Dengan bentuknya yang tidak seperti transistor pada umumnya, maka sering disebut jengkol seperti ini tampilannya :

Tampilan belakang transistor 2N3055Tampilan depan Transistor 2N3055

Bagaimana mencari letak kaki Basis-nya pada transistor model ini ? Berikut ini cara yang kita gunakan.

Posisi kaki yang ada pada transistor ada 2 buah dan 1 lagi ada pada body transistor,untuk body sudah pasti adalah Colector-nya. Sekarang untuk menentukan kaki Basis-nya adalah dengan cara dengan menggunakan multitester dengan batas ukur X10, setelahnya kita tempelkan prob hitam multitester pada salah satu kaki transistor-nya ?

Kita lihat angka penunjukan pada multitester apakah seperti ini hasilnya :

Hasil pengukuran transistor 2N3055

Jika seperti pada gambar diatas hasil pengukurannya maka kita sudah mendapatkan kaki Basis transistor 2N3055, dan sisa kaki yang satunya adalah kaki Emitor dan hasil pengukuran antara Basis ke Emitor tampak pada gambar berikut :

Hasil pengukuran transistor 2N3055

Hasil pengukuran diatas adalah transistor dalam kondisi baik, jika kita menemukan rangkaian power amplifier yang menggunakan transistor jenis ini cara tercepat memastikan letak kerusakan adalah dengan menempelkan prob merah di kaki Emitor dan prob hitam di kaki Colector . Jika ada hasil pengukuran pada multitester maka sudah bisa di pastikan transistor rusak, ada beberapa kasus juga terjadi kerusakan karena tidak terhubungnya/ putusnya kaki Emitor dalam transistor-nya.

Tentunya tidak susah bukan menentukan kaki transistor 2N3055 , jika mau mengadakan pengukuran untuk type 2N2955 caranya hampir sama cuma probnya mesti dibalik yaitu prob warna hitam kita letakkan di body transistor-nya dan prob merah di salah satu kaki transistor, nantinya akan terukur seperti kita lakukan pengukuran sebelumnya. Inilah sekilas cara yang selalu kita pergunakan dalam mengukur transistor type ini, semoga bisa bermanfaat.

Tips ‘ transistor 2N3055 berfungsi sebagai penguat arus dan ini bisa di aplikasikan untuk berbagai keperluan, contohnya untuk regulator

Enhanced by Zemanta

Related Posts

About the Author: hamim

Tips and tricks electronic service that we provide is the result of day-to-day work experience which we write in the form of articles, all of them are real and not fabricated (Hamim, children whose hobby Kalibata electronic) copy and paste all of the material that may not be here unless there is permission from us, there is a problem please leave your comment.

Comments are closed.

Selamat Datang

Profil

Hamimservis
Jln Kalibata Selatan RT011 RW004 No 8 Jakarta Selatan 12740
Phone : +628128117641 ( maaf hanya melayani telpon )
Email : hamimalkorif@hamimservis.com
Pin BB : 7478C584

Archives

Terpopuler

Video

Login

Register | Lost your password?