tips and trik servis elektronik

September 22, 2014 1:08 am
Tulisan Terbaru
Home » Tips & Trik » Television » Televisi Votre Hidup Sebentar Lalu Mati

Televisi Votre Hidup Sebentar Lalu Mati

Diagnosa

Televisi Votre jika kita hidupkan sesaat terlihat normal dimana gambar serta suara bekerja dengan normal, tetapi selang beberapa menit televisi kembali mati hanya lampu indikatornya saja yang menyala.

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kerusakan yang seperti ini memerlukan pemeriksaan yang teliti dimana kita mesti mengetahui secara tepat kiranya pada bagian mana terjadi kerusakan. Untuk mengetahui secara pasti televisi kita hidupkan dan kita lakukan pengukuran pada beberapa titik dengan poin utama bagian regulator tegangan 8 volt serta 5 volt. Sebelum kita lanjut kita lihat dahulu model mainboard televisi Votre, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Untuk blok regulatornya bisa dilihat pada gambar berikut :

Dari hasil pengukuran sesaat sebelum televisi mati kita dapatkan tegangan supply 8 volt dan 5 volt terukur normal dan setelah televisi mati kita dapatkan tegangan 8 volt normal tapi untuk tegangan 5 volt cuma terukur 4 volt, jadi inilah penyebab televisi kenapa setelah hidup tahu-tahu suka mati sendiri. Penyebab utamanya adalah adanya overhead pada komponen transistor dengan type 2sc2383, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Dengan keadaan yang terlalu panas menyebabkan kinerja transistor ini menjadi drop, dan untuk mengatasi masalah ini kita gunakan transistor type lain yaitu 2sd882 dimana mempunyai daya tahan lebih baik, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

Kini setelah kita lakukan penggantian transistor 2sc2383 dengan 2sd882 kita coba hidupkan televisi Votre dan hasilnya Alhamdulillah televisi Votre sudah kembali normal, sudah tidak terjadi lagi kasus suka mati sendiri/ setelah mati tahu-tahu suka hidup sendiri.

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

4 comments

  1. Tv saya merk toshiba bomba 21 inch model 21ls. ada suara tidak ada gambar, apanya yang rusak tolong dibantu dong.trim

  2. coba cek tegangan heater untuk CRT biasa didapat dari playback dengan besaran tegangan 4-5 volt AC. Jika tegangan heater ada coba naikkan level screen dan lihat apakah ada tampilan di layar monitornya ? Jika ada dan bergaris silahkan cek tegangan 24 volt DC untuk sistem vertikalnya jika ada ganti Ic Vertikal. itu saja yang bisa kita berikan, terima kasih sudah berkunjung

  3. terima kasih atas pencerahannya. saya masih belum mengerti karena masih awam, kalau bisa sertakan gambar. terima kasih pak hamim. semoga sukses selalu.

  4. begini caranya,, buka televisi dan lihat papan pcb yang menempel persis dibelakang tabung/ CRT disana ada soket dan ada beberapa kaki dan satu diantaranya adalah untuk pin heater . perhatikan saja lokasi heater dengan pin ground adalah berdekatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

113 queries in 0,353 seconds.