tips and trik servis elektronik

DATASHEET :

Arsip

 

Televisi Votre Hidup Sebentar Lalu Mati

Diagnosa

Televisi Votre jika kita hidupkan sesaat terlihat normal dimana gambar serta suara bekerja dengan normal, tetapi selang beberapa menit televisi kembali mati hanya lampu indikatornya saja yang menyala.

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kerusakan yang seperti ini memerlukan pemeriksaan yang teliti dimana kita mesti mengetahui secara tepat kiranya pada bagian mana terjadi kerusakan. Untuk mengetahui secara pasti televisi kita hidupkan dan kita lakukan pengukuran pada beberapa titik dengan poin utama bagian regulator tegangan 8 volt serta 5 volt. Sebelum kita lanjut kita lihat dahulu model mainboard televisi Votre, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Votre-300x225

Untuk blok regulatornya bisa dilihat pada gambar berikut :

blok-regulator-mainboard-televisi-Votre-300x225

Dari hasil pengukuran sesaat sebelum televisi mati kita dapatkan tegangan supply 8 volt dan 5 volt terukur normal dan setelah televisi mati kita dapatkan tegangan 8 volt normal tapi untuk tegangan 5 volt cuma terukur 4 volt, jadi inilah penyebab televisi kenapa setelah hidup tahu-tahu suka mati sendiri. Penyebab utamanya adalah adanya overhead pada komponen transistor dengan type 2sc2383, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

2sc2383-regulator-mainboard-televisi-Votre-300x225

Dengan keadaan yang terlalu panas menyebabkan kinerja transistor ini menjadi drop, dan untuk mengatasi masalah ini kita gunakan transistor type lain yaitu 2sd882 dimana mempunyai daya tahan lebih baik, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

2sd882-regulator-pengganti-mainboard-televisi-Votre-300x225

Kini setelah kita lakukan penggantian transistor 2sc2383 dengan 2sd882 kita coba hidupkan televisi Votre dan hasilnya Alhamdulillah televisi Votre sudah kembali normal, sudah tidak terjadi lagi kasus suka mati sendiri/ setelah mati tahu-tahu suka hidup sendiri.

Enhanced by Zemanta
4 Comments