tips and trik servis elektronik

Jan
15
2012

Televisi Sharp Ganti Mesin

Diagnosa

Televisi Sharp mengalami kerusakan pada IC TDA 9381PS, Part pengganti susah didapatkan dan bila adapun harga lumayan mahal. Terlalu beresiko jika memang mau membeli IC ini, sering menemui kegagalan setelah dipasang. Maka dengan begini kita coba ganti dengan membeli mainboard televisi baru.

Mainboard Televisi Merk W-COM

Tampak pada gambar diatas, model Mainboard Wcom yang akan kita pakai sebagai pengganti Mainboard lama. Cara mengaplikasikan ke Sasis inilah yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Untuk memasangkan memang mudah tetapi untuk merapikannya yang sulit. Yang dimaksud merapikan adalah membuat tampilan sesuai dengan bawaan televisi, contoh:

– Panel control, bisa di fungsikan. Tempat tetap sama seperti sebelum diadakan penggantian

– Soket Av depan maupun belakang. Tempat tetap sama seperti sebelum diadakan penggantian

– Sensor Remote, Tempat tetap sama seperti sebelum diadakan penggantian

– Indikator , Tempat tetap sama seperti sebelum diadakan penggantian.

Untuk mempermudah dalam pengerjakannya kita membutuhkan bebapa bagian dari mainboard bawaan televisi diantaranya:

1 Panel switch seperti tampak pada gambar 2:

Panel Control bawaan asli Televisi Sharp

2 Switch on-off beserta PTC untuk gousing tampak pada gambar 3 :

Switch Master,berikut PTC

3 Soket RCA untuk video input dan output untuk bagian belakang televisi.

Semua kita ambil dari mainboard lama, caranya tentu saja dengan memotong pada bagian yang kita perlukan. Untuk soket RCA kita tinggal melepaskan dari mainboard. Proses pemasangan pada bagian panel yang kita dahulukan, pada gambar 2 switch sudah kita lepaskan. Sekarang kita lepaskan semua komponen yang ada panel yang baru, dan kita pasangkan pada panel yang lama.

Switch lama yang ada pada panel biasanya sudah tidak bagus, makanya kita ganti dengan yang baru/ karena ada beda switchnya terpaksa kita akalin kakinya pada switch yang baru. Switch lama kaki 2 sedangkan switch baru kaki 4, untuk tinggi tombol switch sama persis. Caranya dengan memotong 2 kakinya, secara silang . Resistor pada panel baru juga kita pindahkan dan pasangkan pada panel lama mengikuti panel baru tentunya. Setelah selesai pemasangan tampak pada gambar 4:

Gbr 4 Tampak atas Panel Control baru

Untuk sensor remote kita pakai bawaan televisi, sensor bawaan mainboard baru kita tidak pakai. Kita hanya mengambil kabel sensornya saja dan memasangkannya pada sensor lama. Caranya menyamakan pinout sensornya saja, berikut pinout sensor remote:

Sensor Sharp: 1 acc , 2 if out , 3 ground

Sensor Wcom: 1 if out, 2 ground, 3 acc

Tampak bawa panel dengan resistor untuk control switch tampak pada gambar 5:

Gbr 5 Tampak bawah panel control baru

Setelah selesai selanjutnya kita pasangkan pada Sasis televisi, sebelum di tes dahulu apakah semuanya sudah benar? jika sudah pasangkan dan berikan baut pengikat pada sisi soket AV, untuk sisi lainnya bisa kita beri lem lilin. Pada switch on-off juga kita beri baut pengikat, biar kagak berubah kalau nantinya ditekan. Pada gambar 6 setelah selesai pemasang full di Sasis:

Gbr 6 Pemasangan komplit pada sasis

Sekarang kita coba hidupkan untuk melihat tampilan gambar yang dikeluarkan, apakah ada yang kurang ? ada ternyata yaitu pada bagian Horizontal gambar yang kurang lebar. Untuk ini kita hanya tinggal memindahkan soket Yoke Horizontal, ada 5 pilihan yang kita gunakan adalah soket no 1 dari luar. Persisnya seperti ada pada gambar 7:

Gbr 7 Pilihan untuk fungsi YOKE DEFLEKSI Horizontal Area

Kita coba hidupkan kembali televisi untuk beberapa saat untuk melihat apakah masih ada kekurangan? ehh ternyata ada lagi yaitu vertikal gambar bagian atas yang agak menyempit, untuk ini kita naikan tegangan supply karena setelah kita cek cuman ada 104 volt untuk b+ sedangkan seharusnya 115 volt. Dari sini bisa kita pastikan tegangan supply untuk vertikal juga pasti kurang .

Jadi bila tegangan supply B+ sudah 115 volt maka tegangan supply untuk rangkaian lainnya juga ikut normal. Cara menaikan tegangan supply dengan memutar trimpot 2k pada mainboard searah jarum jam/ sedikit saja. Untuk pemasangan kabel AV tinggal menyamakannya saja begitu pula dengan soket antena.

Kalau untuk bagian pemasangan kabel untuk Yoke jangan sampai salah, perhatihkan dan urutkan kabel merah dan biru untuk horizontal sedangkan kuning dan hijau untuk vertikal.Bila pemasangan terbalik pada bagian vertikal, gambar yang dihasilkan juga terbalik begitu pula untuk horizontalnya.

Semua sudah kita pasangkan secara rapi, persis seperti aslinya. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, tidak ada trouble dalam proses pemasangan. Kini televisi Sharp sudah bisa di tonton lagi

Hasil akhir tampak pada gambar 8:

Gbr 8 Hasil akhir televisi sudah dapat berfungsi kembali

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • gan mau nanya ne… mainboard tv sharp lc 29le5021
    lc29le502-wh 9611813e00 501 berapa gan harganya! soalnya ne mau beli main board baru aja ketimbang diservis belum bisa kelar!

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.