Saturday 30 May 2015
DATASHEET :

Televisi Sharp Gambar Bagus Tapi Suka Mati Sendiri

Diagnosa

Televisi kita hidupkan ? semuanya berfungsi dengan baik, akan tetapi berselang beberapa menit setelah hidup Televisi kembali mati. Kita coba untuk menghidupkan kembali Televisi hasilnya tetap sama, Televisi kembali mati.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki .

Berikut ini awal kejadian yang tampak sebelum Televisi mati, gambar di layar monitor tampak besar-kecil. Sekilas seperti tegangan yang tidak stabil. Dari sini bisa kita simpulkan kerusakan ada pada bagian Power Supply-nya. Di mainboard ini memakai IC STR W6753, yang memang sering mengalami masalah . Banyak kasus kita temukan memang terjadi kerusakan pada IC ini , Secara fisik kalau kita lihat, bagus-bagus saja.

Mungkin rangkaian di dalam IC tersebut, yang membuatnya menjadi bermasalah. Berikut gambar power supply Televisi Sharp:

power supply televisi sharp

Dalam gambar IC STR W6753 sudah kita cabut dari mainboard-nya, IC pengganti untuk kasus kali ini kita menggunakan seri STR W6754. Selama ini kita selalu menggunakan model ini sebagai pengganti IC STR W6753 . Jarang mengalami trouble bila kita aplikasikan di berbagai merk mainboard Televisi, dimana menggunakan jenis IC STR W6753 pada power supply unitnya.

Jadi untuk komponen lain pada power supply tidak mengalami kerusakan, IC STR W6753 inilah yang membuat Televisi suka mati sendiri. Setelah kita ganti IC dengan type STR W6754 , Alhamdulillah televisi sudah baik kembali.

Enhanced by Zemanta
8 Comments