Apr
23
2012

Televisi Sharp 14E25MK2 Tidak Ada Gambar Dan Suara

Diagnosa

Televisi jika kita hidupkan cuma bisa kita lihat lampu indikatornya saja yang menyala,tidak ada gambar maupun suara yang keluar dari televisinya.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Tahap awal kita periksa Tegangan supply untuk bagian Playback yaitu 115 volt, dan disini dalam keadaan baik. Dan supply output dari Playback sesaat jika kita coba hidupkan televisi terlihat ada, jadi Playback masih dalam kondisi baik. Setelah beberapa kali kita coba hidupkan televisi, kita lihat adanya percikan api di belakang Yoke.

Segera kita lepaskan Yoke dan kita lihat adanya lilitan yang mengalami hangus. Lilitan berada pada bagian Horizontal, untuk memperbaiki tentunya mesti mengganti Yoke. Model Yoke yang di pergunakan adalah seperti ini:

Yoke Defleksi televisi Sharp

Yoke pengganti kita tidak menemukan model yang sama agak susah untuk mendapatkannya, Disini kita coba menggantinya dengan Yoke model 1422 yang biasa digunakan pada televisi Polytron. Hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, gambar menjadi lebih lebar. Kita coba mengganti Capasitor pada bagian Output Horizontal juga tidak membawa hasil, hanya bisa mengecil sedikit.

Untuk mengatasi hal ini kini kita gunakan Trafo Maching Wansonic, supaya hasil gambar bisa kembali normal. Cara pemasangan Trafo adalah sebagai berikut:

  • Pin no 1 kita pasangkan kabel biru dari mainboard
  • Pin no 7 kita pasangkan kabel merah dari mainboard dan pasangkan juga ke Yoke Defleksi
  • Pin no 2–3–4–5–6 kita pasangkan kabel biru dari Yoke, sesuaikan dengan keperluan kita.

Untuk menghilangkan efek magnet kita mesti melepaskan lempengan yang ada pada bagian depan Yoke pengganti, supaya tampilan sama seperti Yoke bawaan aslinya. Berikut ini gambar setelah kita pasangkan Trafo:

Yoke 1422 beserta Trafo maching Wansonic untuk Televisi Sharp

Kini kita coba lagi hidupkan televisinya? Hasilnya ALhamdulillah televisi bisa berfungsi seperti sedia kala. Hasil gambar sudah tampak seperti bawaan aslinya dan untuk fungsi audio juga juga sudah kembali normal .

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori