Jul
14
2011

Televisi Sanyo Dinamic Mati-Total

Diagnosa

Televisi Sanyo sudah dari tempat servis lain, dimana sudah dilakukan penggantian flyback. Hasilnya televisi tidak bisa tahan lama, maksudnya Transistor horizontal-nya selalu rusak setelah beberapa jam dihidupkan.

Dimanakah letak permasalahnnya ? Segera saya selidiki.

Kasus kerusakan seperti ini mungkin saja terjadi, flyback baru tidak selalu sama seperti flyback bawaan ( aslinya ). Perbaikan saya mulai dengan mengganti Transistor baru kemudian lalu saya hidupkan Televisi Sanyo ? Setelah televisi hidup, saya sentuh Alumunium pendingin Transistor,  temperatur panas yang dari Transistor  horizontal terlalu cepat naik ( panas sekali ). Untuk mengatasi masalah ini saya lakukan penggantian beberapa nilai Capasitor dibagian pengaturan Horizontal.

Capasitor yang diganti adalah:

  • Capasitor dengan nilai 150 nF/200 volt diganti dengan nilai 470 nf/200 volt , lokasi yoke defleksi horizontal dibagian output ( kabel warna biru ).
  • Capasitor dengan nilai 4,7 nf /1,6kv diganti dengan nilai 7,4 nf /1,6 kv , ini dibagian colector transistor/ yoke defleksi horizontal input ( kabel warna merah ).

Setelah selesai proses penggantian capasitor selesai saya hidupkan televisi, Hasilnya Alhamdulillah televisi Sanyo sudah hidup dengan normal. Transistor pengganti saya gunakan type 2SD2499, panas yang dikeluarkan stabil alias tidak berlebih.

Servis Mode televisi Sanyo :

  • tekan menu di key panel televisi kemudian angka 1 pada Remote.
  • Untuk merubah parameter gunakan : Vol Up/Down di key Tv
  • Untuk merubah Menu parameter gunakan  : Sleep untuk maju, Mute untuk mundur.

Semoga bisa bermanfaat

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan tekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori