Mei
25
2012

Televisi Sanyo C25AG54U Gambar bagus Suara Hilang-Hilangan

Diagnosa

Televisi Sanyo jika kita hidupkan terlihat tidak ada masalah , gambar yang ditampilkan pada layar monitor bagus-bagus saja begitu pula dengan audio-nya. Setelah beberapa saat kemudian audio mulai terdengar putus-putus dan tak lama kemudian suara hilang sama sekali.

Model televisi Sanyo :

Televisi Sanyo C25AG54U

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur tegangan supply untuk Ic power amplifier-nya , Ic yang dipergunakan type TDA7263 hasil yang kita dapatkan tegangan supply dalam keadaan normal. Model Ic ini menggunakan capasitor untuk kanal output-nya, kita cek capasitor ? hasilnya juga sama capasitor masih dalam keadaan bagus.

Untuk tahap selanjutnya kita coba adakan pengukuran dengan keadaan televisi menyala, untuk mempercepat proses pelacakan-nya. Pengukuran kita lakukan pada kaki-kaki Ic TDA7263, dan disini kita mendapatkan satu kaki yang mengalami turun naik tegangan-nya yaitu kaki no 3. Disini kita coba lepaskan timah solder-nya supaya tidak terhubung ke rangkaian yang lain.

Hasil yang kita dapatkan adalah fungsi audio tidak mengalami gangguan, dengan begini kita coba periksa lagi beberapa komponen yang terhubung dengan jalur kaki no 3. Setelah kita telusuri teryata kaki no 3 adalah sebagai mode mute dimana menggunakan transistor untuk saklar-nya. Kita urut lebih lanjut tegangan supply untuk transistor berasal dari ic control, maka kita cukupkan saja sampai sini.

Solusi yang kita ambil adalah dengan melepaskan driver untuk transistor mute, posisi transistor di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

transistor mute mainboard televisi sanyo

Pelepasan tegangan driver dengan cara melepaskan kaki basis transistor-nya, denga terlepas maka sistem mute telah kita tiadakan. Efek yang terjadi hanya terdengar suara kejut di speaker untuk sesaat setelah televisi kita hidupkan, untuk menghilangkan efek ini bisa kita tambahkan capasitor untuk basis transistor. Alhamdulillah setelah agak lama akhirnya bisa di selesaikan juga servisan hari ini.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Comments are closed.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori