tips and trik servis elektronik

September 19, 2014 10:48 pm
Tulisan Terbaru
Home » Tips & Trik » Television » Televisi Sanken Matot/Mati-Total

Televisi Sanken Matot/Mati-Total

Diagnosa

Televisi Sanken kita hidupkan? Terdengar suara desis dari Mainboard, gambar maupun suara tidak keluar.

Apakah yang menyebabkannya? Segera kita selidiki.

Televisiyang mengalami kerusakan modelnya seperti ini:

Seperti biasa yang paling awal kita cek bagian Power Supply, ini bagian yang paling vital dalam Mainboard Televisi. Hasil yang kita dapatkan adalah:

1 B+ 115 volt dalam kondisi normal

2 B+ 180 volt dalam kondisi normal

3 B+ 24 volt dalam kondisi normal

4 B+ 12 volt tidak normal

5 B+ 15 volt dalam kondisi normal

Tempet pengecekan bisa dilihat pada gambar 1:

Karena pada B+ 12 volt mengalami penyusutan/tidak stabil, ini yang menyebabkan Televisi tidak bisa hidup. B+ 12volt memegang peran penting dimana tegangan ini di gunakan untuk bagian IC control, makanya Televisi jadi tidak mau hidup dalam kasus yang lagi kita tangani. Di samping masih banyak lagi penyebab lain yang mungkin menyebabkan kerusakan yang seperti ini.

Kerusakan di sebabkan oleh Capasitor 1000uf/25 volt, perbaikannya tentu hanya tinggal mengganti Capasitor dengan yang baru. Setelah di ganti kita coba hidupkan televisi? Televisi sudah ada gambar begitu pula suara, cuma gambar yang dihasilkan tidak fokus. Kita coba menyetel fokus pada playback, hasilnya tetap tidak bisa . Segera kita lihat soket CRT apakah ada kelainan pada soket bagian fokus, karena biasanya kalau soket sudah berkarat itu sudah menandakan rusak.

Tetapi setelah kita lihat soket bagus-bagus saja, kemungkinan tegangan fokus rembes pada bahan isolator Soket sehingga Tegangan Supply untuk Fokus CRT menjadi drop. Model soket CRT yang digunakan tampak pada gambar berikut :

Perbaikan untuk ini kita hanya tinggal mengganti soket CRT-nya saja, selanjutnya kita tes lagi? Alhamdulillah televisi kita hidupkan? gambar langsung bagus/ fokus. Karena suara yang rada gede, jadi kagak ketara kalau masih ada suara desis pada mainboard kira-kira apa penyebabnya? Dalam keadan televisi hidup coba kita cek power supply dibagian primer, ternyata capasitor filter 220uf/400volt mengalami kerusakan sehingga tegangan supply 300 volt menjadi tidak stabil. Segera kita ganti dengan yang baru,setelahnya kita coba kembali dan hasilnya power supply sudah normal kembali.

Begitulah proses perbaikan televisi merk Sanken yang kita kerjakan, Alhamdulillah semuanya sudah kembali baik. Televisi sudah dapat di tonton lagi.

 

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

112 queries in 1,239 seconds.