Des
16
2011

Televisi Samsung Flat Slim CS-29Z57MN Mati-Total

Diagnosa

Televisi Samsung sama sekali tidak ada gambar maupun suara ketika kita coba hidupkan.

Gejala seperti setrum tidak masuk ke power supply Televisi-nya, tetapi setelah kita cek ternyata setrum ada. Pada bagian primer sistem power supply tegangan ada, sedangkan pada bagian sekundernya tidak ada. inilah yang membuat televisi tidak bisa hidup, karena tidak ada tegangan supply untuk rangkaian televisi-nya.

Pemeriksaan awal yang harus kita lakukan adalah pada bagian power supply, karena semua berawal dari sini. Jika tegangan supply AC ada itu memudahkan kita untuk melakukan pengecekan selanjutnya. Dengan begini kita bisa pastikan bahwa komponen power supply tersebut tidak ada masalah. Power supply unit pada televisi sudah dilengkapi pengaman/ sistem protek, jika ada masalah di outputnya maka IC Switching yang ada pada power supply akan menghentikan proses kerjanya. Sehingga tidak terjadi kerusakan pada unit power supply tersebut.

Tahap selanjutnya adalah mengecek Dioda yang ada pada power supply, dengan posisi dioda untuk supply arus ke Playback. Dimana untuk televisi ini tegangan supply berkisar 125 volt. Sebelum kita adakan pengukuran sebaiknya kita lepaskan dahulu jalur yang ke Playback.Kita gunakan multitester dengan batas ukur X1o, cek di bagian Dioda penyearah. Hasil pengukuran kita dapatkan Dioda masih dalam kondisi baik.

Karena Dioda masih dalam kondisi baik, langkah berikutnya kita periksa Transistor bagian Horizontal. Hasilnya adalah positif Transistor mangalami kerusakan, Type Transistor yang di gunakan pada Mainboard televisi ini adalah TT2206 . Karena kita tidak mempunyai type tersebut maka kita coba ganti dengan type 2SD2580.

Gambar Transistor type TT2206:

Transistor Horizontal type TT2206

Gambar Transistor type 2SD2580 :

Transistor horizontal type 2SD2580

Setelah selesai proses penggantian Transistor kini kita coba kembali menghidupkan televisinya. Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.

Tips

Untuk memastikan Transistor yang kita ganti adalah sesuai secara kerjanya, kita hidupkan televisi selama 15 menit kemudian matikan televisi. Periksa dan rasakan temperatur pada Alumunium pendingin biasanya bila panas yang di keluarkan terlalu over bisa berdampak Transistor akan mengalami kerusakan lagi, artinya Transistor tidak sesuai dengan kebutuhan televisi-nya.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori