Jul
13
2012

Televisi Samsung CS20H4ST Mati-Total

Diagnosa

Televisi Samsung jika kita hidupkan , sama sekali tidak ada tampilan pada layar monitor-nya dan lampu indikator juga tidak menyala.

Model televisi Samsung :

Televisi-Samsung-CS20H4ST-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kondisi mati-total bisa disebabkan oleh banyak asfek, untuk tahap awal pemeriksaan selalu kita mulai pada rangkaian power supply. Rangkaian power supply pada televisi ini menggunakan IC sebagai media utama-nya, kita adakan pengukuran pada capasitor untuk filter tegangan 300 volt. Lalu kita adakan pengukuran pada dioda zener untuk supply tegangan B-up IC Switching, dari keduanya kita dapatkan masih dalam keadaan normal.

Pemeriksaan kita lanjutkan pada bagian sekunder power supply, dari sini terhubung ke rangkaian penerimaan serta control untuk televisi. Kanal B+ dengan nominal 125 volt kita utamakan untuk diperiksa terlebih dahulu, tanpa kita hidupkan televisi cukup dengan memeriksa transistor horizontal atau mungkin lepaskan langsung untuk koneksi ke playback. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 dan tempelkan prob hitam pada B+ sedangkan prob merah pada ground.

Hasil kita dapatkan semua juga masih bagus, tidak ada komponen yang shot. 2 poin sudah kita lakukan pemeriksaan jadi tinggal output power supply untuk bagian control yang belum kita periksa. Pada bagian ini menggunakan ic sebagai regulatornya type KA7632, apakah ic ini mengalami kerusakan? untuk mengetahui secara persis kita coba hidupkan televisi-nya, dan kita adakan pengukuran pada tegangan input untuk ic.

Terlihat pada multitester tegangan input masuk, dan yang tidak ada adalah tegangan output dari ic tersebut. Hal ini ternyata disebabkan karena timah solder yang tidak terhubung, sehingga tegangan supply untuk ke IC chipset tidak masuk dan menjadikan televisi mati-total. Perbaikan untuk ini hanya dengan menyolder ulang pada IC KA7632, tampilan pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

IC-KA7632-Regulator-televis-300x225

Selesai kita solder ulang IC regulator-nya kini saatnya kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya alhamdulillah televisi Samsung sudah kembali hidup.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

8 Comments + Add Comment

  • saya udah menggunakan yoke SE=1992UL, dan gambarnya muncul normal tapi kenapa dikiri atas muncul warna merah dan kanan bawah muncul warna hijau, mohon pencerahannya?? makasih sebelumnya bang..

    • ya memang akan seperti itu ada sedikit goussing dikanan dan dikiri,,, coba mundurkan yoke dan lihat perubahannya dan pastikan yang agak sedikit goussingnya,,,, sekalian plat yg ada di yoke lepaskan dan gantikan dengan magnet yang ada di yoke lama bila ada

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori