tips and trik servis elektronik

DATASHEET :
Lazada Indonesia
Lazada Indonesia

Televisi Samsung CS20H4ST Ada Garis Pada Bagian Atas Gambar

Diagnosa

Televisi Samsung jika kita hidupkan tampak pada bagian atas gambar adanya garis putih beberapa baris dan bila kita pindahkan chanel sesaat tampak garis pada layar monitornya.

Model televisi Samsung :

model-Televisi-Samsung-CS20H4ST-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Perbaikan untuk masalah ini dapat ditanggulangi dengan mengganti capasitor, memang hal ini sering terjadi pada televisi secara umumnya. Posisi capasitor itu berada pada bagian sistem Vertikal, dalam hal ini adalah capasitor 100uf/50 volt. Untuk memperjelasnya bisa kita lihat pada gambar berikut dimana letak Capasitor-nya :

Mainboard-televisi-Samsung-CS20H4ST-300x225

Ini adalah mainboard televisi Samsung secara keseluruhan, untuk mengetahui dimana letak posisi bagian sistem Vertikal-nya ? Ini dia bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-samsung-area-vertikal-300x225

Itulah letak sistem vertikalnya dan kita tinggal mengganti capasitor 100uf/50 volt, dan jangan lupa lakukan resolder pada beberapa titik diantaranya kaki Ic Regulator yang rentan mengalami retak timah soldernya. Kini setelah kita lakukan penggantian capasitor-nya kita lakukan pengetesan untuk melihat hasilnya dan alhamdulillah tampilan gambar televisi Samsung sudah kembali sedia kala, garis yang tampak pada bagian atas gambar sudah tidak tampak lagi. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi Samsung ini, tentunya sangat mudah bukan ?

Enhanced by Zemanta
9 Comments

Komentar Anda

handphone-tablet

 


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 

Sering Dibaca