Jan
1
2013

Televisi Panasonic TC-1460R Gambar Tidak Kontras

Televisi Panasonic TC-1460R jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar tipis , tidak kontras serta suka goyang atas bawah.

Model televisi Panasonic :

model televisi panasonic

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Secara garis besar televisi ini bekerja dengan baik ,ada gambar serta suara dan permasalahan sekilas sudah bisa kita perkirakan yaitu ada dibagian video. Kita lakukan pemeriksaan dibagian Video input , disini dipasangkan filter berbentuk modul kecil dimana ada beberapa kaki. Dari modul ini baru dipasangkan Transistor dan selanjutnya baru dihubungkan ke video output IC penerimaan . Pengukuran tegangan terukur baik yaitu 3,7 volt untuk basis Transistor dengan Colector mendapat supply 12 volt.

Di modul filter video ada 2 kaki untuk input videonya, satu lewat emitor Transistor dan satu lagi lewat Resistor yang terhubung langsung dari video out IC penerimaan. Untuk mengatasi permasalahan ini kita cukup menjumper kedua kaki tadi tanpa harus menggantinya tentunya,  tampilan filter modul video bisa kita lihat pada gambar berikut :

filter-modul-video-panasonic

Setelah kita lakukan penjumperan kini kita coba hidupkan televisi Panasonic-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal. Sedikit tambahan, mainboard televisi ini belum bebas dari setrum jadi dalam harus lebih hati-hati dalam melakukan pemeriksaan, tentunya akan sedikit merepotkan. ini mesti kitaa ketahui dari awal sebelum kita lakukan perbaikan, poin hanya dengan melihat soket antena saja.

Apabila soket antena terhubung langsung tanpa memakai Capasitor maka mainboard itu bebas setrum di area Sekundernya dan sebaliknya jika memakai Capasitor sudah jelas mainboard mengadung setrum di area sekunder. Sekunder yang kita maksud area Power supply unit yang ada di mainboard televisinya. Inilah sekilas perbaikan televisi Panasonic yang kita lakukan , semoga bisa bermanfaat.

Ic crhoma televisi Panasonic di mainboard :

Ic crhoma televisi panasonic

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

8 Comments + Add Comment

  • maksudnya salah satu resistornya d ganti kabel saja(di langsungin) gitu y mas? Itu r ada 2 yg mana ya? Yg mnuju emitor tr apa yg bukan?

    • lihat digambar aja mas andy,, kita lupa posisi aslinya ( kan jelas terlihat posisi R nya )

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD  jika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan tekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori