tips and trik servis elektronik

Jan
3
2012

Televisi Merk Advance Tegangan Drop


Diagnosa

Televisi kita nyalakan kadang gambar muncul pada monitor dengan kondisi agak bergetar. Terkadang juga Televisi tidak mau hidup, cuma lampu indikator saja yang menyala.

Apakah yang menyebabkannya? segera kita selidiki .

Mainboard televisi merk Cina memang sering mengalami trouble pada power supply tapi tidak semuanya ada sebagian lain yang bagus. Pernahkah kita lihat adanya lem yang dilekatkan pada komponen tertentu pada mainboard Televisi? jika pernah melihatnya, coba di perhatikan dengan teliti. bila lem menempel pada komponen trimpot, cobalah diukur nilai hambatannya, apakah masih sama/ bagus.

Dalam kasus kali ini menemui kerusakan pada trimpot, dengan nilai 2k Ω . Pada gambar berikut bisa dilihat trimpot yang diberi lem:

Trimpot

Tujuannya memang bagus, diberi lem supaya tegangan output tidak berubah tapi dalam kenyataannya justru lem inilah yang menjadi sebab terjadinya kerusakan pada televisi. Kasus seperti ini sering terjadi pada Televisi merk Advance. Karena penyebabnya sudah kita ketahui maka kita tinggal mengganti trimpot 2k?-nya, disini kita mengganti dengan nilai 1k? supaya batas ukur lebih mudah diatur. Maksudnya adalah kita pasang dengan posisi stelan trimpot di tengah-tengah tegangan yang dikeluarkan power supply sudah berada di 115 volt

Sebelum kita menghidupkan televisi sebaiknya B+ ke Playback dilepas terlebih dahulu, setelah dilepas nyalakan Televisi dan ukur tegangan output yang bernilai 115 volt jika sudah benar barulah kita pasangkan kembali B+nya. Saatnya untuk mencoba ? Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.


Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda