tips and trik servis elektronik


19
2012

Televisi LG CF15F80N Gambar Gelap

Diagnosa

Televisi LG CF15F80N jika kita hidupkan hasil gambar yang ditampilkan pada layar monitor sangat gelap serta tidak fokus sedangkan untuk fungsi audio dalam keadaan baik-baik saja.

Model Televisi LG :

Televisi-LG-CF15F80N-300x225

Apakah yang meyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pencahayaan yang ada pada televisi ini didapat dari playback, Pada playback terdapat screen serta fokus yang keduanya terhubung ke CRT. Untuk mengetahui letak kerusakan yang terjadi pada televisi ini bisa kita adakan pengukuran tegangan out screen untuk CRT, disini kita gunakan multitester dengan batas ukur 250 VDC. Hasil pengukuran kita dapatkan tegangan screen berada di level 100 volt, jika kita coba putar screen yang ada di body playback tetap tidak ada perubahan.

Posisi pin screen di CRT tampak pada gambar berikut :

posisi-Screen-CRT-televisi-300x225

Apakak terjadi kerusakan di playback-nya sehingga terjadi drop tegangan screen-nya ? Untuk memastikan lebih lanjut bisa kita lepaskan kabel output untuk Fokus CRT. Dalam keadaan kabel screen dan fokus terlepas kita hidupkan televisi-nya dan kita ukur hanya untuk tegangan screen out ? Hasil yang kita dapatkan tegangan screen berada di lebel 140 dan jika kita putar maksimum kita dapatkan hasil 250 volt.

Dari hasil ini sudah bisa pastikan playback masih dalam keadaan baik, jadi ada penyebab lain sehingga terjadi masalah ini. Soket CRT ternyata yang membuat tegangan output screen menjadi drop, sebenarnya bukan pada bagian Screen-nya melainkan pada bagian Fokus. Telah terjadi lompatan tegangan serta perubahan fisik soket yang membuat output fokus playback menjadi drop, dengan drop output fokus berimbas juga pada output screen-nya.

Perbaikan untuk ini kita tinggal mengganti soket CRT, dan untuk model ini sangatlah praktis karena menggunakan auto klip untuk kabel screen dan kabel fokus. Tampilan soket CRT televisi LG ada pada gambar berikut :

soket-CRT-televisi-LG-300x225

Setelah selesai kita adakan penggantian soket CRT-nya kini kita coba hidupkan televisi kembali ? Tunggu sebentar dan hasilnya alhamdulillah gambar pada layar monitor telah normal kembali.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA