tips and trik servis elektronik

Friday, August 1, 2014
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H Minal aidin wal faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

3
2012

Televisi Intel Akari IC-1491MRD Mati-Total

Diagnosa

Televisi Intel Akari tidak jika kita hidupkan tidak terlihat tampilan apa-apa pada layar monitor-nya, lampu indikator juga tidak menyala.

Model televisi Intel Akari :

Televisi-Intel-Akari-IC-1491MRD-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Awal pemeriksaan kita mulai dengan mengukur rangkaian power supply-nya, Pada televisi ini menggunakan Ic STR6707 sebagai switching utamanya. Untuk memastikan STR 6707 masih dalam kondisi baik kita hanya perlu mengukur fuses dan Resistor starting, hasil dari pengukuran kita dapatkan fuses dalam kondisi bagus sedangkan Resistor starting dalam kondisi shot/putus. Resistor starting menggunakan nilai 39 ohm, karena resistor ini putus mesti kita adakan pengukuran tambahan pada kaki Capasitor filter 100uf/450 volt. Kita gunakan multitester dengan batas ukur X10 dan kita tempelkan kedua prob ke kaki capasitor-nya, jika hasilnya 0 ohm sudah pasti IC STR 6707 rusak. Hal baiknya hasil pengukuran kita dapatkan dalam kondisi baik, ini mengambil rumus pengukuran dioda/ tidak boleh bolak-balik.

Karena sudah kita dapatkan hasil bahwa Ic STR 6707 masih dalam kondisi baik, segera kita pasangkan resistor starting disini kita gunakan nilai 47 ohm/ 20 watt. Tampilan resistor starting bisa kita lihat pada gambar berikut :

resistor-starting-power-supply-televisi-intel-akari-300x225

Setelah resistor starting terpasang kita coba hidupkan televisi ? hasilnya power supply kini telah hidup kembali. Setelah menunggu beberapa saat kita lihat layar monitor sudah menyala, gambar ada cuma suka hilang. Kita coba scan hasilnya sama , tidak bisa menyimpan siaran secara otomatis. Permasalahan baru yang mesti diperbaiki sekalian, untuk kasus yang seperti ini kita hanya perlu mengganti Coil U489.

Coil U489 yang dipergunakan pada mainboard ini berjumlah 2 buah, kita ganti kedua-duanya. Tampilan coil U489 bisa kita lihat pada gambar berikut :

Coil-U489-mainboard-televisi-imtel-akari-300x225

Permasalahan tidak langsung teratasi setelah kita ganti coil, kita mesti setting sedikit frekuensi coil-nya. Ini kita lakukan dalam kondisi televisi hidup dan dalam proses auto tuning. Secara perlahan kita putar coil Vif serta Aft searah jarum jam dan hasilnya alhamdulillah sistem penerimaan sudah kembali berfungsi, kini satu persatu siaran bisa tersimpan secara automatis.

Lengkap sudah perbaikan yang kita lakukan pada televisi intel akari, televisi termasuk varian lama alhamdulillah suku cadang masih mudah dicarinya dan kini televisi sudah bisa kita nikmati kembali.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

2 Comments + Add Comment

  • Pak Hamim minta bantuan saya ada keluhan dgn tv saya akari14 ” tidak bisa nyala,lampu stanby juga tdk nyala,hanya terdengar suara tek-tek-tek pada FBT nya,mohonpenjelasannya,Terimakasih

    • pertama lepaskan transistor horizontalnya,, tanpa transistor horizontal coba hidupkan tvnya.. jika lampu indikator bisa nyala, berarti bapak tinggal ganti transistor horizontalnya. sebelum penggantian coba diukur dahulu tegangan B+ apakah dalam kondisi normal 115 volt.

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA