Sep
25
2012

Televisi Ichiko Lampu Indikator Menyala Tidak Ada Gambar

Diagnosa

Televisi Ichiko jika dihidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Model televisi Ichiko :

model-televisi-Ichiko-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Lampu indikator yang menyala saat kita hidupkan televisinya ada indikasi rangkaian power supply masih berfungsi dengan baik. Permasalahan dengan tidak ada tampilan pada layar monitor bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan untuk kasus kerusakan kali ini ada pada playback. Awal sebelum terlihat playback mengalami kembung pada badannya kita adakan pengukuran dengan hasil tegangan B+ hanya 50 volt.

Kondisi playback bisa dilihat pada gambar berikut :

playback-televisi-ichiko-225x300

Type playback ini BSC25-N0587 dan kita gunakan playback pengganti dengan type BSC25-Z603F yang secara pinoutnya adalah sama persis. Tampilan playback pengganti ada pada gambar berikut :

playback-BSC25-Z603F-2-300x225

Segera kita lepaskan playback lamanya dan kita pasangkan playback yang baru, sebelum kita coba hidupkan televisi ada baiknya kita lakukan penggantian juga pada capasitor area filter tegangan B+ dan yang lainnya. Pada mainboard televisi Ichiko ini kita lihat ada beberapa capasitor yang sudah dalam kondisi yang kurang bagus. Tampilan mainboard televisi Ichiko bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Ichiko-300x225capasitor-filter-power-supply-televisi-Ichiko-300x225

Setelah selesai semua proses penggantian kini kita coba hidupkan televisi Ichiko dan hasilnya Alhamdulillah televisi Ichiko sudah kembali hidup. Karena penggantian playback maka mesti diadakan setting ulang pada level screen serta fokus. Setelah pas tinggal kita rapikan televisinya dan kita tutup kembali casing bagian belakangnya. Alhamdulillah selesai sudah perbaikan untuk televisi ini.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

1 Comment + Add Comment

  • kalau pada tv pasien saya. gejala sama persisi seperti diatas gambar gelap hitam, lampu indikator ok, flyback bagus dan bekerja, teg b+ ok, teg 180v ok, heater ok, teg 9v ke katoda ok. saya naikkan G2 timbul garis pada layar. ditekan tombol channel keliatan ada reaksi pada layar. tvnya merk ichiko 29″ lyr datar pakai ic thosiba 8823CPNG5BB1. kira kira apanya ya yang rusak. menurut perhitungan saya ic nya itu yang rusak, tp sampai saat ini sya elum ganti? mohon pencerahannya ya.. bagi sobat sobat teknisi yang tau kirim ke email saya ya syafriarifdaffa@gmail.com.
    terimakasih…..

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori