Okt
5
2012

Televisi Hitachi CPT2099A Tampilan Layar Garis-Garis Putih

Diagnosa

Televisi Hitachi jika kita hidupkan terlihat tampilan gambarnya hanya putih saja disertai garis-garis, sedangkan untuk suara terdengar berdesis/ nois seperti frekuensi tergeser.

Model televisi Hitachi :

model-Televisi-Hitachi-CPT2099A-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan awal yang mesti kita lakukan ada pada Capasitor filter tegangan 180 volt, tegangan ini didapat dari playback yang telah di searahkan oleh Dioda. Secara fisik serta jika kita ukur terlihat capasitor dalam kondisi baik tapi tidak dalam kondisi jika dimasukkan tegangan, capasitor ini seperti terjadi konslet pada elektroda-nya. Nilai capasitor-nya adalah 22uf/250 volt.

Segera kita lakukan penggantian capasitor 22uf/250 volt , posisi pada mainboard bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-filter-tegangan-180-volt-mainboard-televisi-Hitachi-300x225

Setelah selesai kita coba hidupkan televisinya dan hasilnya tampilan gambar sudah kembali normal, tahap selanjutnya tinggal kita periksa bagian select sistem oudio dalam hal ini If-nya. Ada 3 macam disini yaitu 5,5-6,0-6,5 dan setelah kita periksa ternyata ada kerusakan pada Ic select-nya dengan model MM1053. Karena kita tidak mendapatkan Ic pengganti maka kita gunakan sistem jumper.

Tampilan Ic MM1053 :

Ic-MM1053-select-if-oudio-mainboard-televisi-Hitachi-300x225

Penjumperan kita lakukan setelah Ic MM1053 kita lepaskan dari mainboard, posisi jumper ada pada pin no 1 dengan no 6 untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut :

jumper-select-if-mainboard-televisi-Hitachi-300x225

Kini setelah selesai kita coba hidupkan kembali televisi Hitachi-nya dan hasil akhirnya alhamdulillah fungsi suara sudah kembali normal begitu pula dengan tampilan gambarnya.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

2 Comments + Add Comment

  • pak,mau tanya nih,kalo tv gambarnya merah kenapa ya?

    • gambar jika tampilan merah semuanya bisa karena ada yang kendor solderannya, pada rangkaian penguat video RGB. Bisa juga dari chipsetnya jadi lakukan pengukuran pada input video rgb yaitu langsung dari soket CRT pin katoda RGB apakah ada tegangan inputnya yang rata2 diatas 150 volt dengan cara dilepaskan solderannya , terima kasih sudah berkunjung.

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori