tips and trik servis elektronik

May
14
2012

Televisi Goldstar Gambar Hilang-Hilangan


Diagnosa

Televisi Goldstar jika kita hidupkan sesaat gambar mulai tampak pada layar monitor begitu pula dengan audionya, tetapi gambar yang dihasilkan terlihat tidak stabil suka hilang-hilangan.

Model televisi Goldstar:

model televisi Goldstar

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Untuk kasus kerusakan yang seperti ini bisa kita periksa sistem auto tuning pada menu televisi, jika televisi sama sekali tidak bisa menyimpan gelombang siaran secara otomatis maka kita sudah dapatkan letak kerusakannya. Letak kerusakan ada pada fungsi AFT [ automatis fine tuning ] .

Dengan rusaknya fungsi ini menjadikan hasil penerimaan televisi menjadi tidak stabil, AFT di dapatkan dari IC yang telah di pasangkan Coil untuk mengatur frekuensi-nya. Kerusakan di sebabkan oleh capasitor yang ada pada coil dan untuk ini kita mesti mengganti coil-nya. Type coil yang digunakan adalah E08L karena kita tidak mendapatkan yang sejenis maka kita gunakan type U489 sebagai penggantinya.

Penerapan coil baru mesti ada perubahan dari settingan ferit coil yaitu kita mesti memutar 1 kali putaran penuh untuk coil VCO dan 1,5 untuk coil AFT. Memutar ferrit kita hitung berdasarkan settingan bawaan coil U489, Posisi coil AFT pada mainboard televisi bisa kita lihat pada gambar berikut:

coil AFT televisi goldstar

Tanda lingkaran hitam adalah coil AFT sedangkan yang satunya adalah VCO. Setelah selesai penggatian dan setting coil kini kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah gambar penerimaan televisi sudah kembali stabil

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda