tips and trik servis elektronik

Jun
11
2012

Tape Polytron BigBand Penerimaan Radio Trouble

Diagnosa

Tape Polytron bigband mengalami kerusakan pada bagian penerimaan radio, suara yang dikeluarkan cendrung kecil susah untuk di tuning-nya. Bila secara perlahan kita tuning bisa diterima cuma banyak desisnya, jadi kagak enak dengerinnya.

Model tape Polytron :

Model tape Polytron

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kasus kerusakan kali ini berada pada bagian penerimaan radio Fm sedangkan untuk penerimaan radio Am dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan, jika umur komponen yang terpasang sudah rada lama maka pasti akan terjadi kerusakan seperti ini. Tidak optimalnya sistem penerimaan radio disebabkan tergesernya frekuensi penerimaan, dan pada rangkaian penerimaan disini masih menggunakan coil.

Ada beberapa kasus kita bisa mengetrim ulang coil supaya frekuensi kembali seperti semula, tapi ada juga yang memang mesti mengganti coil-nya. Seperti kita ketahui perkembangan penerimaan radio sudah sangat maju , sekarang ini sudah menggunakan CF sebagai pengganti coil. Coil frekuensi penerimaan kalau kita coba cari penggantinya untuk saat ini sangatlah susah, jadi jika memang terjadi kerusakan kita bisa adakan penggantian capasitor yang ada di dalam coil tersebut.

Untuk kasus kali ini kita masih bisa mengetrim ulang coil-nya, tampak coil frekuensi radio Fm bisa kita lihat pada gambar berikut:

coil frekuensi radio fm tape polytron

Caranya hanya dengan memutar searah jarum jam sampai hasil suara yang di terima menjadi bagus, dalam hal ini lampu stereo mesti tampil jika frekuensi sudah cocok. Setelah kita adakan pengetriman coil kini Alhamdulillah penerimaan radio untuk fm sudah kembali normal.

Enhanced by Zemanta

Related Posts

About the Author: hamim

Tips and tricks electronic service that we provide is the result of day-to-day work experience which we write in the form of articles, all of them are real and not fabricated (Hamim, children whose hobby Kalibata electronic) copy and paste all of the material that may not be here unless there is permission from us, there is a problem please leave your comment.

4 Comments + Add Comment

  • radio fm (Polytron PSC-36T) awalnya suara kecil trus tiba” mati tidak berdesis…..tolong solusinya……

    • Untuk memeriksanya coba lakukan pengukuran apakah tegangan supply masuk ke rangkaian yaitu 5 volt, jika tegagan supply ada kemungkinan CF 10’7 mengalami kerusakan

  • klo suara noise terlalu kenceng pd radio fm apanya yg hrs diperbaiki?..mhn solusinya gan..

    • kalau pakai ic dengan sistem keramik filter 10,7khz silahkan ganti sedangkan kalau pakai coil ganti capasitornya

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Selamat Datang

Profil

Hamimservis
Jln Kalibata Selatan RT011 RW004 No 8 Jakarta Selatan 12740
Phone : +628128117641 ( maaf hanya melayani telpon )
Email : hamimalkorif@hamimservis.com
Pin BB : 7478C584

Archives

Terpopuler

Video

Login

Register | Lost your password?