tips and trik servis elektronik


21
2012

Tape Compo Sony CFS-K1036S Mati-Total

Diagnosa

Tape compo Sony jika kita hidupkan tidak terlihat lampu indikator-nya menyala, fungsi tape dan radio sama sekali tidak berkerja apalagi suara dari speaker-nya.

Model tape compo Sony :

Tape-Compo-Sony-CFS-K1036S-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Langkah perbaikan untuk kerusakan yang seperti ini kita mulai dengan memeriksa Trafo , cara termudah dengan memeriksa kabel AC input terlebih dahulu dan selanjutnya kita periksa trafo dari kabel AC input tersebut. Kita gunakan multitester dengan batas ukur yang paling besar yaitu X10K dengan cara kita hubungkan kedua prob ke terminal AC input. Jika dalam pengukuran kita lihat jarum pada multitester bergerak maka sudah bisa dipastikan trafo masih dalam kondisi baik.

Kita tidak perlu melihat berapa besar hambatan yang terukur, yang kita perlukan hanya melihat jarum multitester yang bergerak dan sampai situ sudah cukup untuk memastikan trafo masih dalam kondisi baik. Disini kita mendapatkan hasil trafo memang masih terhubung lilitannya alias masih baik, maka untuk mencari penyebab utama kerusakan kita mesti membuka terlebih dahulu tape compo Sony-nya. Tampilan tape compo Sony setelah kita buka casing-nya ada pada gambar berikut :

Tape-compo-Sony-dan-rangkaian-nya-300x225

Setelah kita perhatikan ada karat yang menyelimuti plat konektor untuk catu daya, yaitu dari trafo ke mainboard tape lebih jelas kita lihat gambar berikut :

Plat-berkarat-konektor-dc-tape-compo-Sony-300x225

Dc output dari trafo bisa kita lihat pada gambar berikut :

trafo-catu-daya-tape-compo-Sony-300x225

Jadi karat-lah yang membuat tape compo Sony ini tidak mau hidup, dan untuk memperbaiki ini bisa kita gunakan dua cara yaitu :

1 Kita ganti plat yang berkarat dengan plat baru ,atau

2 Kita ganti dengan kabel saja dan pasangkan sesuai denga urutannya.

Solusi yang kita gunakan adalah dengan mengganti plat-nya supaya lebih mudah jika mau diperbaiki lagi jika memang terjadi kerusakan. Plat pengganti kita ambil dari bekas soket RCA untuk bagian grounding, plat yang ada pada bagian ini lebih lebar dan bisa kita potong serta dapat di solder . Tidak perlu keahlian hanya memerlukan kesabaran dalam pembuatannya, setelah selesai kita pasangkan plat tersebut ke mainboard tape dan kita solder kini kita coba hidupkan .

Oh iya kita pasangkan dahulu ke posisi semula, maksudnya bagian depan tape dengan bagian belakang-nya dan hasilnya alhamdulillah tape compo Sony sudah terlihat hidup itu kita lihat dari lampu indikator-nya. Kita coba fungsi tape, masukkan kaset dan kita play ? hasilnya kita dengar suara yang dihasilkan tidak bagus alias mendem. Kita coba periksa head yang ada di mekanik tape ternyata head sudah dalam kondisi tidak bagus/ sudah tergores agak dalam.

Seperti ini tampilan head tape Sony dengan model body pendek :

head-tape-compo-Sony-300x225

Segera kita lepaskan head yang lama dan kita pasangkan head baru dan kita coba lagi, masukkan kaset dan play ? Sudah terdengar rada bagusan dan untuk lebih bagus lagi mesti kita trim posisi head dengan cara memutar baut searah jarum jam/ kanan. Sampai tahap ini sudah bisa kita selesaikan perbaikan untuk fungsi pemutar kaset, langkah selanjutnya kita coba fungsi penerima radio, syukur-nya fungsi ini masih dalam kondisi baik alias tidak rusak jadi selesai sudah perbaikan tape compo Sony yang kita lakukkan.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA