Monday 4 May 2015
DATASHEET :

Speaker Aktif Polytron Mati-Total

Diagnosa

Speaker aktif Polytron jika kita hidupkan tidak ada tanda-tanda kehidupan itu kita lihat dengan lampu indikator yang tidak menyala.

Model speaker aktif Polytron :

model-speaker-aktif-Polytron-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Jika keadaan mati-total sudah tentu yang mesti kita periksa rangkaian power supply dan pada speaker aktif Polytron ini menggunakan model electrik , sedikit tambahan speaker aktif Polytron ini rupanya sudah dibawa ke bengkel servis dan telah dipasangkan fuses/ sikring dengan amper yang lumayan besar yaitu 10 amper. Padahal standarnya menggunakan 3,15 amper dan dampak dari hal itu menyebabkan transistor power switching menjadi hangus.

Transistor yang dipergunakan adalah P3n60 dan kita siapkan pengganti dengan type P6n60 , sebelum kita adakan penggantian kita adakan pemeriksaan lebih lanjut untuk menghindari kegagalan perbaikan yang kita lakukan. Dioda penyearah tegangan dari jala-jala / AC in kita dapatkan dalam kondisi shot disini 2 buah yang mengalami kerusakan. Selanjutnya Resistor 33 ohm untuk driver Gate transistor P6n60 juga mengalami kerusakan yaitu putus. Yang terakhir 2 buah transistor yaitu 2SA1015 dan 2SC1815 ini terhubung dengan Resistor 33 ohm.

Sekarang kita lepaskan semua komponen yang bermasalah/ rusak dan kita pasangkan komponen penggantinya, setelah selesai kini kita coba hidupkan speaker aktif Polytron-nya ? hasilnya alhamdulillah speaker aktif Polytron kini telah kembali hidup. Untuk memperjelas tentang komponen yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

2-transistorresistor-power-supply-speaker-aktif-Polytron-300x225Dioda penyearah power supply speaker aktif Polytron

Tampilan full power supply bisa dilihat pada gambar berikut :

power-supply-speaker-aktif-Polytron-tampak-atas-300x225

Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan , kini speaker aktif Polytron sudah bisa dipergunakan kembali.

Enhanced by Zemanta
216 Comments