Jun
26
2012

Single Disc 858VQBT-Trouble

Diagnosa

Single disc 858vqbt mengeluarkan asap dari bagian panel LCD dimana bau-nya sangat sangit, ini terjadi dalam keadaan single disc posisi standby.

Model Single disc :

Single-Disc-858VQBT-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Bau sangit yang keluar dari bagian panel LCD tentunya sangat membuat kaget, masalahnya terjadi dalam keadaan posisi standby. Lain ceritanya jika dalam posisi menyala,pasti kita akan segera melepaskan aliran setrum yang terpasang pada single disc. Seperti kita ketahui masukkan tegangan supply B+ untuk single disc ini ada 3 buah, salah satunya didapat dari sistem kunci kontak. B+ langsung atau lebih dikenal dengan sebutan Acc selalu mendapatkan aliran setrum langsung dari Accu.

Jadi pemeriksaan hanya kita lakukan pada jalur Acc karena terjadinya keluar asap dalam posisi single disc standby. Letak kerusakan pada bagian panel LCD, segera kita lepaskan casing dengan membuka beberapa baut yang terpasang. Setelah dapat kita lepaskan selanjutnya kita lihat komponen yang ada di mainboard untuk panel LCD-nya, ini diperlukan karena pastinya akan terlihat dengan jelas komponen yang mengalami hangus.

Tampilan mainboard panel LCD bisa kita lihat pada gambar berikut :

Mainboard-panel-LCD-single-disc-858VQBT-300x225

Hasilnya terlihat dengan jelas, seperti kita lihat pada gambar diatas satu buah komponen mengalami hangus. Komponen ini tidak lain adalah capasitor dalam bentuk SMD/ kecil, biar lebih jelas beginilah tampak capasitor setelah kita lepaskan dari mainboard-nya :

Capasitor-SMD-mainboard-panel-lcd-single-disc-858vqbt-300x225

Kapasitas capasitor pengganti yang kita pergunakan adalah 47 uf/25 volt , tentunya tidak seperti asli-nya alias kita pakai capasitor dalam bentuk umum. Setelah selesai kita ganti capasitor-nya , kita rapikan kembali semua yang telah kita buka dan tanpa panjang waktu segera kita adakan pengetesan.

Masukkan aliran setrum disini kita gunakan adaptor , alhamdulillah asap sudah tidak terlihat lagi dan kita coba tekan tombol power ? single disc 858vqbt sudah kembali hidup dengan normal tidak bau sangit lagi. Bagitulah satu komponen saja membuat repot untuk sebagian orang yang awam, takut kenapa-napa single disc-nya. Namanya elektronik selalu berhubungan satu sama lain dimana selalu bergotong royong dalam proses pengerjaannya.

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda….

Komentar Anda

You must be logged in to post a comment.

INFO KOMPONEN

AllDatasheet
.net

Tips Servis DVD Player

  • Trouble No Disc DVD Player gear-mekanik

    NO DISC ? Sering kali kita menemui kerusakan seperti ini di dvd player dan sering kali di vonis kerusakan ada di komponen optikal ( OPTIK […]

  • Polytron BB 3501 Open-Close Trouble model-polytron-amplifier-theater

    Diagnosa Amplifier theater rumahan merk Polytron yang sedang saya coba perbaiki mengalami kerusakan dibagian player DVD ” Saat saya coba tekan tombol open saya tunggu […]

  • Regulator Mpeg DVD Biar Awet mpeg-dvd

    Player DVD ┬ájika terjadi kerusakan biasanya kita mulai periksa di area power supply,, tegangan supply 5 volt apakah tersedia ( maksudnya ada ).. nah pada […]

  • DVD Player Samsung P375K Susah Open model-dvd-samsung-p375k

    Diagnosa DVD Player Samsung jika saya hidupkan dan┬átekan tombol open, pintu mekanik terkadang mau keluar tapi terkadang sama sekali tidak mau. Model DVD Player Samsung […]

Kategori