tips and trik servis elektronik


25
2012

Servis Elektronik Dan Alat Bantunya

Servis elektronik itulah pekerjaan yang selama ini kita tekuni, dari awal kita mulai belajar dan alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai bisa kita pahami apa itu ilmu elektronika. Jika kita pikirkan memang sedikit rumit karena ilmu elektronik dan cara kerjanya tidak terlihat dengan nyata, prinsipnya globalnya kita mesti tahu komponen apa yang terpasang pada rangkaian itu. Jika mau diuraikan mungkin agak panjang, untuk kali ini kita utamakan untuk peralatan pembantu -nya saja lain waktu mungkin kita akan review komponen tersebut satu persatu.

Ada beberapa alat yang mesti kita punya supaya proses perbaikan menjadi lebih mudah diantaranya :

1 Multitester

Alat ini lebih sering disebut AVO Meter ( amper-volt-ohm ) , dengan adanya alat ini proses perbaikan bisa lebih cepat karena kita bisa memastikan komponen apa yang mengalami kerusakan dalam hal ini tidak kira-kira / tebak-tebakan. Untuk cara pemakaian kita gunakan sesuai dengan apa yang mau kita ukur, contohnya jika mau mengukur resistor maka posisi ada pada fungsi Ohm meter. Untuk mengukur tegangan AC maka posisi ada pada fungsi AC volt begitu pula dengan mengukur tegangan DC posisikan multitester pada fungsi DC volt. Kita juga bisa memeriksa kabel untuk memastikan tidak ada putus dengan posisi multitester fungsi ohm meter, serta masih banyak lagi kegunaan alat ini . Tampilan multitester / AVO Meter bisa kita lihat pada gambar berikut :

multitester-peralatan-servis-elektronik-300x225

2 Solder dan mata-nya

Ini adalah alat pemanas untuk menempelkan timah antara kaki komponen dengan jalur tembaga yang ada di PCB. Solder secara umum menggunakan elemen pemanas dengan daya 30 Watt, dan untuk mendapatkan hasil penyolderan yang baik kita memerlukan mata solder yang baik pula. Baik tidak identik harus mahal karena ada juga dengan harga yang murah tapi barangnya bagus, seperti yang kita pergunakan hanya bermodalkan 5 ribu rupiah saja kita sudah dapatkan mata solder itu. Ada juga mata solder yang bagus merk Goot dengan kisaran harga 17-20 ribuan, jadi tergantung kemauan saja mau makai yang mana. Tampilan Solder beserta mata-nya bisa dilihat pada gambar berikut :

solder-Goot-peralatan-servis-elektronik-300x225

3 Timah

Pemilihan timah harus diperhatikan karena pernah ada timah yang membuat mata solder menjadi hitam, sehingga proses penyolderan manjadi terhambat karena hal tersebut. Timah yang kita pergunakan dalam usaha perbaikan sehari-hari kita memakai merk Alpha . Timah ini bagus dan mudah digunakannya dengan tanpa efek buat mata solder-nya, dan pada PCB kita lihat hasilnya bagus serta kuat / tidak mudah kendor. Tampilan Timah merk Alpha bisa dilihat pada gambar berikut :

Timah-solder-Alpha-peralatan-servis-elektronik-300x225

4 Sedotan timah

Alat ini untuk mengambil timah yang ada di PCB yang sebelumnya sudah kita cairkan dengan solder, prosesnya dengan menghisap timah yang telah cair dan mengeluarkan dalam bentuk serpihan terkadang juga tersimpan didalam rumahnya.Perawatan sedotan timah hanya dengan membersihkan bagian dalamnya karena biasa ada timah yang menempel. Model sedotan timah ada beberapa dari yang kecil sampai dengan yang besar, kalau kita lebih suka dengan model kecil karena bisa dipergunakan dengan satu tangan. Tangan kiri pegang sedotan timah sedangkan tangan kanan pegang solderan-nya, lebih efisien jadinya ketimbang menggunakan model yang besar harus pakai dua tangan untuk menekannya. Tampilam sedotan timah yang biasa kita pergunakan bisa dilihat pada gambar berikut :

sedotan-timah-peralatan-servis-elektronik-300x225

5 Tang

Alat yang ini tidak kalah penting, ada 2 varian yang mesti kita punya yaitu tang potong serta tang buaya. Tang potong untuk memudahkan pemotongan kaki komponen yang telah kita pasang di PCB, biasanya kaki menjulur terutama kaki Capasitor atau Resistor baru. Sedangkan tang buaya biasa dipergunakan untuk melepaskan baut yang ngumpet, contoh baut potensio volume speaker aktif atau mungkin untuk memudahkan melepaskan baut pengingkat dengan model sepasang ( mur-baut). Tampilan 2 varian Tang bisa dilihat pada gambar berikut :

tang-buaya-peralatan-servis-elektronik-300x225tang-potong-peralatan-servis-elektronik-300x225

Itu alat-alat terpenting yang harus ada, disamping itu masih ada beberapa lagi diantaranya :

a Pinset ini sangat membantu untuk memegang Ic dalam bentuk Smd sebelum kita adakan penyolderan

b Lampu senter dengan model led dengan cahaya yang bisa menembus PCB, itu memudahkan kita untuk mengurut jalur apabila memang mesti mengecek jalur ‘PCB yang kita maksud masih model 1 layer, bukan yang model 2 layer.

c Cairan losfett ini untuk mempermudah timah menempel pada tembaga, tanpa penambahan timah baru dengan adanya losfett ini timah yang lama bisa rekat kembali.

Semua sudah kita uraikan ,semoga bisa menjadi masukkan buat yang mau belajar servis elektronik

 

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda

Pasang iklan disini

Pasang iklan disini

Sering Dibaca

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA

DAFTARKAN WEB/BLOG ANDA