tips and trik servis elektronik

September 19, 2014 10:45 am
Tulisan Terbaru
Home » Media oprek » Amplifier » Rubah Amplifier Toa Jadi Amplifier Biasa

Rubah Amplifier Toa Jadi Amplifier Biasa

Memanfaatkan amplifier Toa dimana memang sudah tidak di pakai lagi, disini kita akan merubahnya menjadi amplifier biasa”maksudnya amplifier rumahan. Kalau Amplifier Toa memakai Trafo Maching disini akan kita ganti dengan model amplifier jenis OCL. Amplifier OCL tidak membutuhkan trafo maching untuk output-nya melainkan langsung diambil dari rangkaian amplifier-nya.

Untuk ini kita mesti mengeluarkan beberapa komponen dari amplifier toa, supaya amplifier OCL bisa kita masukan sebagai penggantinya. Paling utama mainbord amplifier berikut trafo maching yang sudah pasti tidak kita perlukan, sebelum diadakan penggantian isi amplifier Toa tampak seperti ini:

Yang kita sisakan dari amplifier adalah Trafo untuk power amplifier beserta regulatornya, satu lagi alumunium untuk pendingin transistor. Trafo mengeluarkan tegangan output 32 volt, jadi bisa kita gunakan sebagai supply untuk amplifier Ocl. Trafo yang kita perlukan sebenarnya model CT untuk supply amplifier OCL,disini karena output trafo tidak model CT melainkan model 0-24 VAC padahal yang kita perlukan 24-0-24 maka mesti kita rubah susunan sistem regulatornya. Caranya adalah sebagai berikut:

Dioda bridge mempunyai 4 kaki , sebenarnya isinya 4 dioda yang sudah dikemas menjadi satu . Pinout Dioda adalah :

1 Kutub – (negatif)

2 Ac in

3 Ac in

4 Kutub + (positif)

Untuk supply amplifier kita membutuhkan tegangan supply -32 0 +32 ini bisa kita dapatkan dengan menggabungkan pinout 2 dan 3 menjadi satu dan memasangkan 1 kabel dari trafo dan yang satu lagi untuk o-nya yang di hubungkan ke kaki capasitor. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat diagram pada gambar berikut:

Capasitor untuk filter kita gunakan kapasitas 10000uf/50 volt, disini kita pakai 2 buah. Selesai tahap ini kita lanjutkan dengan menyiapkan rangkaian amplifier ocl-nya, disini kita membeli kits yang sudah jadi. Kits amplifier mesti kita rubah pada transistor penguat akhir yang mempunyai type  TIP2955 dan TIP3055 kita ganti dengan type C5198 dan A1941 . Transistor pengganti mempunyai kekuatan lebih besar daripada transistor bawaan Kits. Model Transistor bisa dilihat pada gambar berikut:

Berikut model kits amplifier OCL-nya, pada gambar berikut:

Sekarang kita tinggal menyusunkan transistor pada kepingan alumunium, jangan lupa lapisan isolatornya. Selanjutnya bisa kita pasangkan kabel penghubung dari transistor ke mainboard amplifier, tampak setelah selesai proses pemasangan bisa dilihat pada gambar berikut:

Satu set amplifier OCL sudah terpasang rapi, tinggal menghubungkan dengan catu daya-nya. Kita samakan saja sesuai dengan kode kutub yang tertera pada mainboard amplifier yaitu ( – dengan output regulator – ), ( 0 dengan output regulator 0 ) dan (+ dengan output regulator + ). Sudah 90% proses pemasangan yang belum hanya pemasangan output untuk speaker out dan pemasangan kabel input untuk tone control.

Segera kita pasangkan , untuk ini sangat mudah karena memang sudah diberi tanda di mainboard amplifier-nya” kita tinggal mengikutinya saja. Tone control yang kita gunakan disini model dengan 4 transistor, untuk mengurangai efek noise pada output amplifier-nya. Model tone control bisa dilihat pada gambar berikut:

Pemasangan kabel juga sama , mengikuti petunjuk pada mainboard dimana input dari amplifier di hubungkan ke out tone control, dan dari tone control input-nya bisa kita beri masukan DVD Player atau mungkin peralatan elektronik yang lain. inilah hasil keseluruhan dari proses penggantian amplifier, tampak pada gambar berikut:

Sudah rada lelah karena memang membutuhkan tenaga ekstra dalam proses instalasi-nya, kini saatnya untuk mencoba menghidupkan amplifier” Alhamdulillah amplifier OCL bekerja dengan baik, semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan perhitungan kita dari awal perakitan” Sempurna .

 

 

 

About hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

112 queries in 0,351 seconds.