tips and trik servis elektronik

Sep
4
2012

Televisi Akari 14M87 Switch Panel Err

Diagnosa

Televisi Akari jika kita hidupkan gambar serta suara dalam kondisi normal yang menjadi kendala adalah jika kita coba merubah chanel atau volume kadang-kadang televisi menjadi mati

Model televisi Akari :

model-Televisi-Akari-14M87-300x225

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Kerusakan yang seperti ini biasa terjadi pada televisi dimana sering menggunakan remote dalam pengoperasiannya, dengan kata lain fungsi manual jarang dipergunakan dan akhirnya terjadilah kerusakan pada switch panel tersebut. Jadi solusi untuk ini kita hanya perlu mengganti switch panel-nya saja, tampilan switch panel televisi Akari bisa dilihat pada gambar berikut :

switch-panel-televisi-akari-14M87-300x225

Penyebab switch menjadi rusak adalah adanya karat pada platina, dan akibat dari ini timbul hambatan . Dengan adanya hambatan membuat tegangan control untuk key Ic Logic menjadi berbeda dan dampaknya menjadi err. Err disini contohnya jika kita tekan tombol menu maka televisi langsung kembali standby, bagitu pula dengan tombol yang lain.

Ada 4 buah switch yang dipergunakan dan penggantian kita lakukan untuk semua switch-nya, langkah selanjutnya ada baiknya memeriksa beberapa titik solderan. Namanya televisi yang sudah berumur jadi rentan terjadi retak pada timah solder-nya, lokasi utama ada pada bagian power supply dan kedua ada pada bagian Ic Vertikal serta Ic Crhoma. Setelah semua selesai kini kita coba hidupkan televisi Akari-nya , kita tekan tombol chanel atau volume ? hasilnya alhamdulillah semuanya telah kembali normal, fungsi switch panel sudah tidak err lagi.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda