tips and trik servis elektronik

Jun
9
2012

Mini Home Theater LG FB162A0U DVD Player Trouble

Diagnosa

Mini Home Theater LG mengalami kerusakan dimana untuk fungsi open-close tidak bisa. Pada tampilan lcd panel kita lihat tulisan open akan tetapi mekanik tetap tidak merespon perintah, alias diam cuma terdengar krek .

Model Mini Home Theater LG :

Mini Home Theater LG FB162A0U

Apakah yamg menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Permasalahan seperti ini memang kerap kali terjadi pada mekanik, penggunaan karet sebagai media perantara antara motor dengan gear terkadang sebagai penyumbang bila terjadi kerusakan mekanik tidak bisa open- close. Selain karet ada lagi yang dapat membuat kerusakan yang persis seperti ini yaitu Mpeg. Sistem yang memang sudah dibuat sangat praktis,dimana secara kemasan memang sudah sangat kecil.

Dari kecilnya ini banyak terjadi kerusakan karena dari efek panas yang dikeluarkan dari chipset Mpeg, masalah yang dapat ditimbulkan pin Ic untuk sen open rusak atau sebaliknya. Seperti kita ketahui pada mekanik tersedia sensor switch untuk memberhentikan gerakkan motor apabila mengenai switch tersebut. Jadi untuk kasus kali ini kita berpatokkan pada fungsi sensor switch yang ada pada mekanik.

Kerumitan timbul karena kita mesti melepaskan tutup mekanik DVD terlebih dahulu sebelum mengadakan perbaikan, untuk ini kita pakai cara mendorong pada bagian bawah mekanik secara perlahan. Setelah pintu mekanik keluar bisa kita lepaskan tutupnya dan berikutnya bisa adakan pengukuran sensor switch. Tampilan mekanik mini home theater bisa kita lihat pada gambar berikut :

Sensor switch open mekanik mini home theater LG

Pada gambar bisa kita lihat kaki sensor switch open dengan tanda lingkaran hitam, hasil pengukuran dalam posisi mini home theater hidup kita dapatkan tegangan untuk kaki ini cuma 1,5 volt seharusnya adalah 3,3 volt. Jadi sudah jelas ada kerusakan disini dan penyebabnya adalah switch dalam keadaan setengah konslet, perbaikan hanya dengan membersihkan switch-nya saja.

Setelah kita bersihkan switch kini kita coba kembali hidupkan mini home theaternya ? Alhamdulillah fungsi open close sudah kembali normal, kini mini home theater sudah dapat kita pergunakan kembali.

 

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda