tips and trik servis elektronik

Apr
23
2012

LCD TV LG 26LH20R Kemasukan Air AC

DIagnosa

LCD TV LG yang sedang dalam kondisi menyala tiba-tiba langsung mati, setelah kita lihat ternyata Air buangan dari AC menetes dan masuk kedalam LCD-nya.

Komponen apakah yang mengalami kerusakan? Segera kita selidiki.

Untuk mengetahui letak kerusakan cukup dengan melihat dimana letak air itu masuk, dan pada bagian apa yang terkena langsung. Setelah kita buka LCD TV LG-nya disini kita dapatkan bagian yang terkontak langsung dengan air adalah rangkaian power supply-nya. Makanya LCD TV LG yang tadinya lagi menyala langsung menjadi mati, karena telah terjadi hubung singkat pada rangkaian power supply.

Komponen yang mengalami kerusakan bukanlah pada IC Switching, melainkan ada pada Trafo untuk IC Switching. Ini kita dapatkan setelah mengukur kaki trafo untuk Colector IC Switching dimana tegangan supply 300 volt tidak masuk ke IC Switcing yang sebelumnya sudah diberi Resistor 2,2 1 watt. Segera kita lepaskan trafo dari mainboard dan dengan jelas kita lihat kawat email yang ada di kaki trafo sudah tidak tersambung.

Ini dampak dari air yang membuatnya menjadi putus, kaki trafo untuk Colector dan Ground sangatlah dekat. Model trafo-nya seperti ini:

Trafo Power supply LCD TV LG

Untuk penyambungan kawat email yang putus disini kita gunakan kawat dari komponen Resistor yang sebelumnya sudah kita pelintir pada kaki trafo. Setelah terpasang kita coba ukur dengan multitester untuk memastikan sudah terhubung dengan baik. Selanjutnya kita pasangkan kembali pada mainboard power supplynya.

Sekarang kita coba kembali hidupkan LCD TV LG ? Hasilnya Alhamdulillah LCD TV LG sudah kembali normal.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda