tips and trik servis elektronik

Dec
20
2011

Televisi Akari Ada Suara Tidak Ada Gambar

Diagnosa

Televisi kita hidupkan, tekan tombol power ? Suara sudah terdengar akan tetapi gambar tidak muncul.

Apakah yang menyebabkannya, segera kita selidiki ?

Untuk kasus kerusakan seperti ini langkah awal adalah dengan memeriksa output tegangan dari Playback-nya, persisnya pada kaki keluaran untuk Heater CRT. Apakah tegangan supply ada? Lebih mudah kita lihat saja pada CRT-nya, bila ada cahaya berarti Heater masih berfungsi. Dan seharusnya gambar tampil pada layar monitor. Jika pada tahap ini sudah kita pastikan tidak ada masalah marilah kita ketahap berikutnya-

Yaitu memeriksa pada bagian IC Vertikal, ini berhubungan erat dengan kerusakan seperti diatas. Untuk lebih mudahnya adalah dengan menghidupkan Televisi-nya kemudian kita putar Screen pada badan playback searah jarum jam, jika memang IC Vertikal ada masalah ? Hanya akan tampil garis Vertikal pada layar monitor-nya.

Dalam kasus kerusakan yang sedang kita coba perbaiki memang ada pada bagian IC Vertikal. IC Vertikal yang digunakan adalah type LA 7840. Secara kasat mata juga bisa kita lihat pada badan IC ada tanda hangus. Dengan begini jadi lebih mudah tentunya untuk memperbaikinya, Gambar IC Vertikal type LA7840 :

IC Vertikal type LA7840

Kini segera kita lepaskan dari mainboard IC Vertikal yang lama, dan kita pasangkan IC Vertikal yang baru.Hasilnya Alhamdulillah gambar sudah kembali normal.

Tips: jika kita mau mengganti IC Vertikal dengan yang baru, jangan lupa mengganti Capasitor Bufer yang bernilai ? 100uf/35volt, 22ouf/35volt, ada juga 470uf/35volt. Capasitor yang digunakan tergantung bawaan mainboard. Karena jika kita tidak menggantinya IC Vertikal bisa mengalami kerusakan lagi.

Enhanced by Zemanta

Artikel Terkait

Admin hamimservis.com : hamim

tips ,trik,servis,elektronik yang kita tuliskan adalah pengalaman kerja kita sehari-hari semoga bisa bermanfaat , apabila ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tinggalkan komentar anda....

Komentar Anda